APENSO INDONESIA

header ads

DARI DAN KE SANG MAHA KUASA

DARI DAN KE SANG MAHA KUASA


Oleh: Gempur Santoso


Kalau diberi umur panjang. Lama-lama semakin tua, itu pasti. Manusia diciptakan oleh Yang Maha Pencipta, lahir, berproses di dunia, saat wafat pun kembali padaNya (innalillahi wa innailaihi rojiun).

Berproses di dunia. Orang Jawa menyebut "mampir ngombe" (mampir minum air). Ini suatu kesadaran bahwa saat di dunia cuma mampir. Tentu tidak lama. Hanya mampir.

Bisa jadi, ada hidup yang sebentar. Sangat mungkin ada yang hidup lama. Bisa dibilang kekal. 

Mampir untuk "minum air". Kita tahu bahwa "air" adalah sumber kehidupan di dunia.

Tentu saja "mampir ngombe" sebagai "isyarat" hidup menjalani perintah dan meninggalkan larangan Yang Maha Pencipta (taqwa).

Saat ini dalam proses kehidupan di dunia, ada siklus. Dari datang dilahirkan, bayi, balita, anak anak, remaja, dewasa, menikah, punya anak, tua, punya cucu, dan seterusnya lengser kembali ke Sang Maha Pencipta. 

Namun, ada pula yang tak melalui begitu. Sudah diambil dulu. Pasrah saja. Yang penting tak meninggalkan hutang. Beramal. Menjalankan perintahNya dan meninggalkan laranganNya.

Semua siklus kehidupan di dunia dilakukan sempurna. Hal itu bisa disebut "istqomah".

Ada pepatah "bekerjalah sekuat mungkin seolah hidup selamanya, dan beramalah sebanyak mungkin seoalah esok wafat". Semangat. Semangat hidup. Tak lupa kumpulkan "sangu" (bekal) untuk "kehidupan lain" selanjutnya.

Semoga semua sehat dan panjang umur.....aamiin yra.

(GeSa)







Posting Komentar

0 Komentar