APENSO INDONESIA

header ads

DENGAN BPJS KETENAGAKERJAAN KITA JADIKAN KEBUGARAN JASMANI BAGI GURU PROFESIONAL DI SMP PGRI 6 SURABAYA DQN SDS AL-IKHLAS SURABAYA

DENGAN BPJS KETENAGAKERJAAN KITA JADIKAN KEBUGARAN JASMANI BAGI GURU PROFESIONAL DI SMP PGRI 6 SURABAYA
DQN SDS AL-IKHLAS SURABAYA


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Guru sebagai tenaga profesional bertugas merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan,melakukan penelitian, membantu pengembangan dan pengelolaan program sekolah serta mengembangkan profesionalitasnya.

Kenyataan di atas menunjukkan bahwa tugas seorang guru sangatlah berat dan menyita waktu. 

Untuk mendukung pekerjaan yang begitu padat tersebut, salah satunya seorang guru harus memiliki tingkat kebugaran jasmani (kondisi fisik) yang baik. 

Untuk meningkatkan kebugaran jasmani dapat dilakukan dengan latihan aerobik yang berpedoman: 
1) Latihan dilakukan secara teratur dengan frekuensi 3-5 kali per minggu, 
2)Intensitas latihan harus mencapai 70%-80% denyut nadi maksimal, 
3) Durasi latihan aerobik yang baik adalah 20-60 menit, dilakukan secara kontinyu, dengan melibatkan otot-otot besar,
4) Untuk meningkatkan kebugaran jasmani, tipe atau bentuk latihan yang cocok adalah latihan aerobik.

Latihan aerobik tersebut bisa berupa jogging, jalan, jalan dan lari, bersepeda, berenang, senam aerobik. 

Di dalam proses pembelajaran, ada beberapa hal yang sangat berkaitan dan sangat berpengaruh terhadap berhasil atau tidaknya proses pendidikan.

Proses belajar mengajar (PBM) dapat berjalan efektif bila seluruh komponen yang berpengaruh dalam PBM saling mendukung dalam rangka mencapai tujuan.
Komponen-komponen yang berpengaruh dalam PBM diantaranya: 
(1) warga belajar, 
(2) kurikulum, 
(3) guru, 
(4) metode, 
(5) saran prasarana, 
(6) lingkungan. 

Tugas guru secara nyata sangat kompleks antara lain : 
1). Sebagai pengajar. Guru sebagai pengajar tugasnya adalah lebih banyak memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik, 
2). Sebagai pendidik. Guru sebagai pendidik tugasnya adalah lebih banyak memberikan dan menanamkan sikap afektif kepada peserta didik. 3). Sebagai pembimbing. Guru sebagai pembimbing tugasnya adalah lebih banyak mengarahkan kepada peserta didik pada tambahan kemampuan para peserta didiknya, misalnya membimbing petugas upacara, mengelola koperasi, dan juga membimbing para peserta didik yang memiliki masalah dan kasus. 

Oleh karena itu, untuk dapat melaksanakan kegiatan sehari– hari dengan baik, seorang guru harus memiliki kebugaran jasmani yang baik pula. Kebugaran jasmani penting bagi semua orang dalam kehidupan sehari– hari. 

Bahkan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, kebugaran jasmani yang baik merupakan pondasi utama untuk meningkatkan character and nation building suatu bangsa. 

Dengan memiliki kebugaran jasmani yang baik orang akan mampu melakukan aktivitas sehari– hari dengan waktu lebih lama dibanding orang yang memiliki kebugaran jasmani yang rendah.

Pentingnya kebugaran jasmani bagi Guru Profesional itulah yang selalu ditekankan kepada Guru – Guru baik di SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS AL-IKHLAS Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir Surabaya pada hari Selasa, 14/12/2021 yang kedatangan tamu dari BPJS Ketenagakerjaan Tanjung Perak Surabaya yaitu menawarkan tentang Jaminan Ketenagakerjaan.



Alhamdulilah, SMP PGRI 6 Surabaya sebanyak 5 Guru mendaftarkan diri untuk mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan yang terdiri dari penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya, ibu Mei Ratna Susanti, S.Si., ibu Mei Kurniatul Adawiyah, S.Pd., ibu Duwi Lestari, S.E. dan ibu Dina Ayu Septyarini, S.Pd. 

Sedangkan dari SDS AL-IKHLAS Surabaya ada 6 Guru yang terdiri dari ibu Anis Laily Mufidah, S.Pd., ibu Yuni Ismaryati, S.Pd., ibu Sri Supadmi, S.Pd., ibu Sugiarti, S.Pd., ibu Dra. Tiwik Sukirahayu, ibu Lasmiati, S.Pd.

Dalam kesempatan ini, Guru – Guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya iuran BPJS Ketenagakerjaan yang diikuti sebesar Rp62.500,. Dimana uang iuran per bulan mendapatkan 3 Jaminan yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, dan Jaminam Pensiun.

Alhamdulilah, ke – 11 Guru baik dari SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS AL-IKHLAS Surabaya langsung menyetorkan dana tersebut. Dalam kesempatan ini, penulis memberikan hadiah kaos warna merah sebanyak 5 dan warna putih sebanyak 5 sebagai ucapan terima kasih karena sudah mendaftarkan diri ke BPJS Ketenagakerjaan. 

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan 2 merchandise dan 1 bantal sebagai hadiah untuk penulis dari BPJS Ketenagakerjaan. Penulis menyampaikan pentingnya kebugaran jasmani bagi Guru Profesional di SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar