APENSO INDONESIA

header ads

VAKSIN USIA 6-11 TAHUN DI SMP PGRI 6 SURABAYA DAN SDS AL-IKHLAS UNTUK MENYAMBUT PTM 100 % SERTA MENINGKATKAN IMUNITAS BAGI PESERTA DIDIK

“VAKSIN USIA 6-11 TAHUN DI SMP PGRI 6 SURABAYA DAN SDS AL-IKHLAS UNTUK MENYAMBUT PTM 100 % SERTA MENINGKATKAN IMUNITAS BAGI PESERTA DIDIK”


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Vaksinasi adalah pemberian vaksin dalam rangka menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga apabila suatu saat tepapar dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan dan tidak menjadi sumber penularan. 

Vaksin adalah produk biologi yang diberikan kepada seseorang untuk melindunginya dari penyakit yang melemahkan, bahkan mengancam jiwa. 

Vaksin akan merangsang pembentukan kekebalan terhadap penyakit tertentu pada tubuh seseorang. Tubuh akan mengingat virus atau bakteri pembawa penyakit, mengenali dan tahu cara melawannya. 

Dalam pelaksanaan program vaksinasi COVID-19 di Indonesia, pemerintah mengupayakan ketersediaan vaksin terpenuhi untuk setidaknya 208.265.720 penduduk untuk tercapainya kekebalan kelompok. 

Upaya-upaya pengadaan vaksin ini dilakukan melalui perjanjian bilateral dan perjanjian multilateral seperti COVAX Facility bersama GAVI dan WHO, ataupun donasi yang diberikan oleh negara-negara sahabat. Ada 6 jenis vaksin COVID-19 yang akan digunakan di Indonesia, yakni Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer, dan Novavax. 

Masing-masing dari jenis vaksin ini memiliki mekanisme untuk pemberiannya masing, baik dari jumlah dosis, interval pemberian, hingga platform vaksin yang berbeda-beda, yakni inactivated virus, berbasis RNA, viral-vector, dan sub-unit protein. COVID-19 Vaccine (Vero Cell) Inactivated, CoronaVac® adalah sebuah vaksin inaktivasi terhadap COVID-19 yang menstimulasi sistem kekebalan tubuh tanpa risiko menyebabkan penyakit. 

Setelah vaksin inaktivasi ini bersentuhan dengan sistem kekebalan tubuh, produksi antibodi terstimulasi, sehingga tubuh siap memberikan respons terhadap infeksi dengan SARS-CoV-2 hidup. Vaksin ini mengandung ajuvan (aluminium hidroksida), untuk memperkuat respons sistem kekebalan.

Dalam menyikapi instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 66 Tahun 2021 SMP PGRI 6 Surabaya Dan SDS AL-IKHLAS Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Rabu, 15/12/2021 mengikuti kegiatan vaksin dengan target usia 6-11 tahun.



Dimana kegiatan tersebut dimulai pukul 08.00. Dan pada pukul 07.00 seluruh siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya didampingi bapak/ibu Orang tua wali murid antri dengan membawa Kartu Keluarga, serta pemeriksaan tetap didampingi oleh bapak/ibu Orang tua.

Menurut penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya dan Sekretaris Yayasan Pendidikan AL-IKHLAS Semampir menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah untuk menyikapi instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 66 Tahun 2021.

Dimana seluruh siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya siap melaksanakan PTM 100%. Semoga sehat lahir dan batin, serta dimana bapak/ibu Dewan Guru baik SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya sudah di SWAB PCR, sehingga harapan dari penulis siswa/siswi dan Guru sehat lahir batin menghadapi PTM 100%.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat






Posting Komentar

0 Komentar