APENSO INDONESIA

header ads

Bersama KPI Buat Best Practice Untuk Mencetak Generasi Emas Unggul Dan Berkarakter Menuju Sekolah Hebat

“Bersama KPI Buat Best Practice Untuk Mencetak Generasi Emas Unggul Dan Berkarakter Menuju Sekolah Hebat“


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com


Best Practice (disebut juga praktik baik) adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan pengalaman terbaik tentang keberhasilan seseorang dalam melaksanakan tugas profesinya. 

Guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah tentu memiliki banyak pengalaman yang berhasil mengatasi berbagai permasalahan pendidikan dalam menjalankan tugasnya. 

Pengalaman tersebut perlu dituangkan dalam sebuah tulisan yang dapat menginspirasi untuk meningkatkan mutu pendidikan. 

Tulisan ini kemudian disusun menjadi sebuah laporan best practice dengan format yang telah ditentukan. Best practice juga merupakan salah satu bentuk publikasi ilmiah yang dapat dilakukan oleh guru. 

Praktik baik ini biasanya dimiliki guru saat melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Praktik baik tersebut didasarkan pada penguasaan substansi materi dan pedagogik yang teraplikasi di dalam kegiatan pembelajaran di kelas serta menghasilkan pembelajaran bermakna bagi peserta didik. 

Selain itu juga berdasarkan penguasaan guru terhadap karakteristik peserta didik, sehingga guru dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada setiap individu sesuai gaya belajarnya. 

Untuk itulah, maka guru perlu melakukan pencatatan proses mengajarnya, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dari pencatatan ini dapat digunakan sebagai bahan refleksi guru untuk perbaikan pembelajaran secara ters-menerus. 

Kegiatan yang dilakukan guru tersebut dapat menghasilkan praktik baik dalam pembelajaran dan lebih lanjut dapat sebagai rujukan dalam mengembangkan kemampuan mengajar guru-guru lainnya.

Di saat semua orang sedang istirahat bersama keluarga, tidak terkecuali bagi penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Jum’at, 21/1/2022 pukul 19.30 belajar bersama dengan KPI (Kualitas Pendidikan Indonesia) tentang Best Practice melalui Zoom dengan link : https://us02web.zoom.us/j/81945193585 Meeting ID: 819 4519 358 tanpa password. 

Dalam kesempatan tersebut, yang menjadi narasumber dalam kegiatan adalah Lailatul Widayati, S.H selaku Direktur Pendidikan Sekolah Mutiara Bali dengan host Muhammad Fauzi. Seluruh peserta sangat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan tersebut sampai tidak terasa hampir pukul 22.00.

Penulis dalam kesempatan ini, bahagia bisa mengikuti kegiatan tersebut dengan harapan agar penulis bisa membuat Best Practice, sehingga harapannya bisa menularkan ilmunya kepada Guru - Guru SMP PGRI 6 Surabaya dalam mencerdaskan Generasi Emas Unggul dan Berkarakter, apalagi di masa Pandemi Covid seperti ini. 
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#Dinaspendidikan




Posting Komentar

0 Komentar