APENSO INDONESIA

header ads

DENGAN PERINGATAN HARI GIZI NASIONAL 2022 KITA TINGKATKAN IMUNITAS SISWA DAN GURU SMP PGRI 6 SURABAYA DAN SDS AL-IKHLAS MENJADI GENERASI EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER

“DENGAN PERINGATAN HARI GIZI NASIONAL 2022 KITA TINGKATKAN IMUNITAS SISWA DAN GURU SMP PGRI 6 SURABAYA DAN SDS AL-IKHLAS MENJADI GENERASI EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER“


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Gizi adalah zat makanan pokok yang diperlukan bagi pertumbuhan dan kesehatan tubuh. Gizi seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh yaitu jenis kelamin, umur dan status kesehatan. 

Pola makan yang tidak bergizi seimbang beresiko menyebabkan kekurangan gizi seperti anemia dan berat badan kurang, dapat pula terjadi gizi berlebih (obesitas) yang dapat beresiko terjadinya penyakit degeneratif seperti hipertensi, penyakit jantung koroner dan diabetes melitus.

Dalam ilmu gizi dikenal lima macam zat gizi, yaitu karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin. 

Secara umum fungsi dari zat-zat makanan adalah: Sumber energi atau tenaga. Jika fungsi ini terganggu, orang menjadi berkurang geraknya atau kurang giat dan merasa cepat lelah.

Menyokong pertumbuhan badan, yaitu penambahan sel baru pada sel yang sudah ada. Memelihara jaringan tubuh, mengganti yang rusak atau aus terpakai, seperti mengganti sel yang tampak jelas pada luka tubuh yaitu terjadinya jaringan penutup luka. 

Mengatur metabolisme dan berbagai keseimbangan dalam cairan tubuh (keseimbangan air, asam basa, dan mineral). 

Berperan dalam mekanisme pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit sebagai antioksidan dan antibodi lainnya. Apabila tubuh tidak cukup mendapat zat-zat gizi, maka fungsi-fungsi itu akan menderita gangguan dan hambatan, mulai dari fungsi nomor satu, dan menjalar ke arah bahwa dalam deretan itu. 

Prinsip Gizi Seimbang terdiri dari 4 (empat) Pilar yang pada dasarnya merupakan rangkaian upaya untuk menyeimbangkan antara zat gizi yang keluar dan zat gizi yang masuk dengan memantau berat badan secara teratur.

Di masa pandemi Covid seperti saat ini, asupan gizi sangat diperlukan untuk menjaga imunitas yang ada dalam tubuh diri kita, seperti yang dilakukan SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Selasa, 25/1/2022 seluruh siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya, SDS AL-IKHLAS Surabaya bersama bapak/ibu Dewan Guru sarapan bersama.

Menurut penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya, bahwasannya tujuan dari kegiatan ini adalah untuk kegiatan relaksasi, serta memperingati Hari Gizi Nasional. Dimana penulis mengajak Guru – Guru dan siswa/siswi baik SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS AL IKHLAS Surabaya untuk meningkatkan imunitas di masa Pandemi Covid Ini dengan makan – makan yang bergizi.

Semoga di Peringatan Hari Gizi Nasional 2022 siswa/siswi, serta Guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya diberikan kesehatan, sehingga tumbuh menjadi Geneeasi Emas Unggul dan Berkarakter. 
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya







Posting Komentar

0 Komentar