APENSO INDONESIA

header ads

PARADIGMA PERUBAHAN KURIKULUM PROTOTIPE

“PARADIGMA PERUBAHAN KURIKULUM PROTOTIPE“



Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Ada ekspektasi besar 2022 dapat menjadi tahun transformasi bagi dunia pendidikan di Indonesia. Hal ini tidaklah berlebihan mengingat setidak ada hal yang sangat signifikan yaitu kurikulum dan guru paradigma baru yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek beberapa waktu lalu. 

Kurikulum paradigma baru atau populer disebut Kurikulum Prototipe 2022 sebenarnya revisi dari Kurikulum 2013 dan diberikan sebagai opsi tambahan bagi satuan pendidikan untuk melakukan pemulihan pembelajaran selama 2022-2024 sebagai akibat dari pandemi Covid-19 yang telah menyebabkan kemunduran proses akademik, pengetahuan, dan keterampilan, baik itu secara umum maupun spesifik (learning loss). 

Kebijakan kurikulum nasional ini akan dikaji ulang pada 2024 berdasarkan evaluasi selama masa pemulihan pembelajaran. Sejalan dengan konsep merdeka belajar, Kurikulum Prototipe 2022 mendorong pembelajaran yang sesuai dengan minat, gaya belajar dan kemampuan siswa, serta memberi ruang lebih luas pada pengembangan karakter dan kompetensi dasar. 

Kurikulum ini memiliki beberapa karakteristik. Pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) untuk pengembangan soft skill dan karakter (iman, takwa, dan akhlak mulia; gotong royong; kebinekaan global; kemandirian nalar kritis; kreativitas). 

Kemendikbudristek menyediakan 7 tema utama yang perlu dikembangkan menjadi modul dengan topik dan tujuan yang lebih spesifik, yaitu : Bangunlah Jiwa dan Raganya; Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI; Bhinneka Tunggal Ika; Gaya Hidup Berkelanjutan; Kearifan Lokal; Kewirausahaan; dan Suara Demokrasi. Kedua, fokus pada materi esensial (focus on essential materials) sehingga ada waktu kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi. 

Pembelajaran yang mendalam (diskusi, kerja kelompok, pembelajaran berbasis problem dan proyek) perlu waktu. Materi yang terlalu padat akan mendorong guru untuk menggunakan ceramah satu arah atau metode lain yang cepat dalam mengejar ketuntasan penyampaian materi. 

Fleksibilitas (flexibility) bagi guru untuk melakukan pembelajaran right level dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal. Berbeda dari kerangka Kurikulum 2013 mengunci tujuan pembelajaran per tahun dan jam pelajaran per minggu. Kurikulum Prototipe 2022 menetapkan tujuan belajar per fase (2-3 tahun) untuk memberi fleksibilitas bagi guru dan sekolah dalam menyusun kurikulum dan pembelajaran.

Dalam mempersiapkan paradigma, serta menyamakan visi tentang kurikulum prothotipe, antara Kepala Sekolah dan Waka Kurikulum SMP Swasta Surabaya Utara pada hari Sabtu, 15 Januari 2022 dan Minggu, 16 Januari 2022 MKKS SMP Swasta Surabaya Utara mengadakan Rapat Kerja dan Pelatihan Kurikulum, serta Sekolah Penggerak bagi SMP Swasta Surabaya Utara.

Dalam kesempatan ini, penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir dan Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara membagi kegiatan tersebut menjadi dua sesi, dimana sesi yang pertama hari Sabtu, 16/1/2022 pukul 14.30 yang menyampaikan adalah Dr. V Luluk Priyambodo selaku Dosen UNIKA Widya Mandala Surabaya menyampaikan materi tentang transformasi Sekolah Penggerak & Kurikulum Protothipe. 



Semua peserta sangat antusias dalam mengikuti materi dari Dr. V Luluk Priyambodo tersebut.

Dalam kesempatan tersebut penulis menyediakan hadiah bagi peserta yang aktif dan kreatif, tidak terasa ketika acara berlangsung sudah pukul 17.30 akhirnya break untuk persiapan Sholat Magrib.



Tepat pukul 19.00 materi sesi kedua dilanjutkan dan sekaligus acara pembukaan kegiatan Pelatihan Kurikulum dan Sekolah Penggerak.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir dalam kegiatan dan membuka acara tersebut yaitu bapak Ir. Yusuf Masruh, M.M. selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya yang hadir bersama istri dan putrinya.

Dalam kesempatan tersebut, penulis menyampaikan bahwa kegiatan ini mendapatkan support dari UNIKA Widya Mandala Surabaya. Dimana kegiatan ini adalah kelanjutan dari Pelatihan Lab IPA, serta penulis menyampaikan bahwa Pelatihan Lab IPA nanti pada saat penutupan akan ada sebuah produk yang akan di serahkan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, serta penulis juga menyampaikan kepada bapak Walikota Surabaya bahwa ini juga ada kerjasama yaitu Pengumpulan Limbah di Lab Sekolah masing - masing.

Dalam kesempatan ini, bapak Kepala Dinas Pendidikan menyampaikan bahwa Kurikulum bukan menjadi penghalang untuk mengantarkan Generasi Emas dan Berkarakter.

Setelah sambutan dari bapak Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, selanjutnya pemaparan materi tentang kurikulum prototipe untuk membantu pemulihan pembelajaran dan strategi membaca intensif dalam pembelajaran yang disampaikan oleh ibu Tri Endang Kustianingsih, S.Pd., M.Pd tak terasa materi yang disampaikan oleh beliau sampai pukul 23.00.

Alhamdulilah pelaksanaan Rapat Kerja Kepala Sekolah dan Waka Kurikulum Pelatihan Kurikulum Prothotipe dan Sekolah Penggerak SMP Swasta Surabaya Utara pada hari Sabtu, 15 Januari 2022 – Minggu, 16 Januari 2022 berjalan lancar tanpa hambatan dan halangan.

Atas nama pengurus MKKS SMP Swasta Surabaya Utara menghaturkan banyak terima kasih kepada :
1. Bapak Rektor Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya yang Men-support kegiatan untuk kemajuan Pendidikan di kota Surabaya, khususnya SMP Swasta Surabaya Utara. Mulai dari Pelatihan Lab IPA, Pelatihan Kurikulum. Semoga kerja sama antara MKKS SMP Swasta Surabaya Utara dan UNIKA Widya Mandala Surabaya terus berlanjut untuk kemajuan Pendidikan di kota Surabaya.

2. Bapak Dr. V Luluk Priyambodo selaku Pemateri dan Dekan FKIP Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya yang sudah berbagi ilmu dengan Kepala Sekolah dan Waka Kurikulum.

3. Bapak Ir. Yusuf Masruh, M.M. selaku Kepala Dinas Pendidikan kota Surabaya yang hadir bersama ibu dan putri tercinta untuk support kegiatan MKKS SMP Swasta Surabaya Utara.

4. Ibu Tri Endang Kustianingsih, S.Pd. M.Pd. selaku pemateri dan Kepala Bidang Sekolah Menengah yang sudah meluangkan waktu tenaga dan pikiran untuk hadir bersama putra tercinta untuk berbagi ilmu bagi Kepala SMP Swasta Utara dan Waka Kurikulum.

5. Bapak/ibu Kepala SMP Swasta Surabaya Utara yang sangat hebat dan luar biasa untuk menimba ilmu, serta selalu support kegiatan MKKS SMP Swasta Surabaya Utara untuk jemajuan Pendidikan di SMP Swasta Surabaya Utara.

6. Bapak/ibu Waka Kurukulum yang super hebat untuk menimba ilmu, serta selalu support kegiatan MKKS SMP Swasta Surabaya Utara untuk kemajuan Pendidikan di SMP Swasta Surabaya Utara.

Atas nama pengurus MKKS SMP Swasta Surabaya Utara menghaturkan banyak terima kasih dan permohonan maaf atas kekurangan dari para pengurus MKKS SMP Swasta Surabaya Utara baik tempat hidangan atau akomodasi yang lain.

Semoga Allah S.W.T yang membalas kebaikan bapak/ibu semua, serta semoga kita dan keluarga kita diberikan kesehatan, keberkahan oleh Allah S.W.T untuk mencetak Generasi Emas Unggul dan Berkarakter, serta semoga ilmu yang diberikan pemateri dan diterima peserta diberkahi dan dimuliakan Allah Allah S.W.T.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#Dinaspendidikan







Posting Komentar

0 Komentar