APENSO INDONESIA

header ads

NIKAH - POPULASI MANUSIA


NIKAH-POPULASI MANUSIA



Oleh: Gempur Santoso


Menikah adalah ibadah. Sesuatu yg haram, menjadi halal. 

Menikahkan tanggungan ortu laki laki sebagai wali nikah putrinya. Wali nikah dari kemanten putri. Tidak ada wali nikah kemanten laki-laki.

Atau, wali makrom sesuai tingkatannya. Bila makrom tingkatannya meninggal dunia, digantikan makrom lainnya. Semua wali nikah pada garis patriakat.

Nikah sebagai ibadah yakni sunah rosulillah. Salah satu fungsi, populasi manusia agar tak punah.

Generasi manusia berkualitas.  Generasi shaleh bila lahir pria. Generasi shalehah bila lahir wanita. Semua itu mengharapkan lahir generasi memiliki akhlak mulia (akhakul karimah).

Atas dasar saling senang. Atau bahasa sekarang saling chemistry. Saling cinta. Bukan yang lain. Berlangsunglah akad nikah. 

Tidak perlu berdasar nafsu semata. Tidak perlu berdasar istilahnya cileduk (cinta lantaran dukun). Atau, melalui obat obat terlarang-nafsu semata.

Nikah, itu ibadah, saling cinta dalam chemitry. Semua itu ada dalam hati-ketaqwaan.

Tidak perlu mengkawatirkan pasangannya baik atau tidak baik. Yang penting diri kita sendiri. Sebagaimana firman yang artinya "orang baik akan mendapatkan jodoh orang baik, dan orang yang tidak baik akan mendapatkan jodoh orang tidak baik pula". Nampak, besuami - istri ada keseimbangan.

Jelas, kunci berjodoh ada pada perilaku diri sendri. Jadilah orang baik pasti akan memiliki jodoh yang baik. Dan, sebaliknya.

Hanya Allah SWT yang menjaga firmannya dan Yang Maha Tahu.

Kita tahu bahwa: jodoh, pati (wafat), dan rejeki ada di tanggan Tuhan. Jadi itu adalah hak Allah SWT.

Manusia hanya bisa berikhtiar (berusaha) saja di jalan Tuhan. Bukan jalan yang lain.  

Ada pepatah "manusia boleh berecana, tetapi Tuhan yang menentukan". Tuhan Maha Kuasa seru sekalian alam. Yakinlah bahwa Yang Maha Kuasa itu tidak akan menelantarkan umat yang bertaqwa kepadaNya.

Jodoh di "tangan" Tuhan. Ikhtiar cari jodoh Anda. Dengan cinta bukan nafsu semata. Semoga lahir generasi baru yang berakhlak mulia. 

Kelahiran generasi manusia membuat populasi manusia tetap terjaga.

Semoga kita sslalu sehat....aamiin yra.

(GeSa)



Posting Komentar

0 Komentar