APENSO INDONESIA

header ads

AJAK DAN AJARKAN BAKAT MINAT SISWA MEMBUAT PETA DAN LAMBANG NEGARA MELALUI MEDIA TELENAN DAN KARDOS BEKAS

“AJAK DAN AJARKAN BAKAT MINAT SISWA MEMBUAT PETA DAN LAMBANG NEGARA MELALUI MEDIA TELENAN DAN KARDOS BEKAS“


Oleh : Banu Atmoko
apenaoindonesia.com


Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik yang benar-benar merupakan hal baru atau sesuatu ide baru yang diperoleh dengan cara menghubungkan beberapa hal yang sudah ada dan menjadikannya suatu hal baru. 

Selain itu, kreativitas adalah hal-hal yang membuat kita takjub dengan hal-hal baru, karena kreativitas bisa mewujudkan ide-ide cemerlang kita.

Minat cenderung pada keadaan dimana individu memiliki perhatian khusus terhadap sesuatu dan ingin mempelajarinya lebih dalam, sedangkan bakat seperti yang sudah dibahas sebelumnya yaitu sesuatu yang sudah melekat sejak lahir. Bakat umum merupakan kemampuan atau potensi dasar seseorang dan dimiliki setiap individu.

Dalam mewujudkan bakat minat dan kreativitas peserta didik SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir, pada hari Selasa, 15/2/2022 mengadakan kegiatan Ujian Praktik untuk siswa/siswi kelas 9. Dimana Ujian Praktik pertama dimulai jam 07.30 sampai 10.00 untuk mata pelajaran IPS yaitu membuat Peta.



Tetapi dalam kesempatan ini, membuat Peta tidak di kertas gambar atau kain, melainkan di telenan. Dimana siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya sudah menyiapkan talenan, pensil, penggaris, penghapus, cat warna. 

Di ruang kelas, mereka sangat enjoy dan sangat kreatif dalam membuat Peta tersebut di talenan. Yang menjadi Penguji Ujian Praktik IPS adalah ibu M. Rachma Widjajati, S.Pd., M.Si.

Sedangkan sesi kedua pukul 11.00 sampai 12.00 siswa/siswi kelas 9 SMP PGRI 6 Surabaya yaitu Ujian Praktik PPKN untuk membuat gambar lambang Negara Indonesia di kerta kardos dan diberikam warna yang begitu sangat menarik. Dimana yang menjadi Penguji kegiatan tersebut adalah ibu Mei Kurniatul Adawiyah, S.Pd.

Menurut penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya sangat bangga kepada siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya di masa Pandemi Covid - 19 seperti saat ini, ternyata mereka mampu untuk mengembangkan bakat minat dan kreativitas mereka melalui sebuah karya yang tidak bisa dinilai oleh apapun dan beliau bangga hasil karya siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya sangat luar biasa.

Dalam kesempatan ini, penulis menghaturkan banyak terimakasih kepada Bapak/Ibu Orang tua/Wali murid dan Bapak/Ibu Dewan Guru SMP PGRI 6 Surabaya yang sudah mendukung dengan hati - hati putra/putrinya untuk mengembangkan bakat minat dan kreativitas yang dimiliki untuk menjadi Generasi Emas Unggul dan Berkarakter, serta kegiatan Ujian Praktik dimana di SMP PGRI 6 Surabaya harus mampu menghasilkan sebuah produk untuk dilakukan unjuk gelar/pameran kepada Wali murid, sehingga harapan Sekolah Wali murid juga bangga dengan hasil karya putra/putri mereka.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya







Posting Komentar

0 Komentar