APENSO INDONESIA

header ads

AJAK DAN AJARKAN KEPADA SISWA DAN GURU SMP PGRI 6 SURABAYA DAN SDS AL-IKHLAS SURABAYA UNTUK SELALU ISTIQOMAH DALAM ISTIGHOSAH, YASIN DAN BERBAGI JUM’AT BERKAH

"AJAK DAN AJARKAN KEPADA SISWA DAN GURU SMP PGRI 6 SURABAYA DAN SDS AL-IKHLAS SURABAYA UNTUK SELALU ISTIQOMAH DALAM ISTIGHOSAH, YASIN DAN BERBAGI JUM’AT BERKAH"



Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com


Hijrah merupakan sebuah proses mengubah diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Meninggalkan apa yang dibenci Allah SWT menuju jalan yang dicintai-Nya. 

Istiqomah dalam berhijrah bukanlah perkara mudah. Saat memulainya, seorang akan merasakan beratnya ujian. Pun saat menjalaninya, ujian itu justru bukan berakhir melainkan akan terus bertambah. 

Mengingat tak ada ujian yang lebih mudah untuk naik tingkat. Pun untuk menuju tingkatan di sisi-Nya. Tak sedikit seorang yang gagal berhijrah. Mereka tak sabar menghadapi ujian dan tergoda kembali ke kehidupan lamanya. Karena itulah perlu kiat khusus saat memulai kehidupan baru dalam berhijrah. 

Berikut upaya yang bisa dilakukan agar selalu istiqomah dalam berhijrah. Saat memutuskan untuk hijrah, kita harus benar-benar niatkan untuk merubah diri menjadi lebih baik lagi. Salah satu cara untuk memperkuat niat adalah menemukan alasan kuat kenapa kita harus berubah? Kenapa kita hatus menjadi baik?

Contohnya ada yang hijrah ketika Allah selamatkan ia dari sebuah musibah, ada yang ingin hijrah atau berubah ketika ditinggal meninggal oleh orang-orang yang dicintai, ada juga yang hijrah ketika ingin berdoa kepada Allah untuk orang-orang yang tercinta yang sedang sakit keras.

Ada pula yang hijrah karena ingin dapat jodoh terbaik, ingin membahagiakan orang yang dicintai, ingin berjuang meraih ridho Allah dan syurga. Dan tentu sebaik-baiknya alasan adalah untuk mendapatkan ridho Allah semata. 

Salah satu kunci penting agar istiqomah dalam berhijrah ialah memiliki sahabat yang mendukungnya berhijrah. Bukan berarti meninggalkan teman lama, melainkan menambah pertemanan dengan orang-orang baru yang jelas kesalihannya dan baik akhlaknya.

Allah Ta’ala berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar (jujur).” (QS. At-Taubah: 119).

Pertahankan amalan yang telah dilakukan. Bukan memperbanyaknya, melainkan mempertahankannya. Teruslah berusaha agar amalan selalu dikerjakan meskipun sedikit. Suatu saat ketika keimanan dan ilmu meningkat, amalan pula akan bertambah dan sanggup konsisten dengan amalan yang banyak.

Jika ingin meraih sebuah kesuksesan maka hadapi dengan Istiqomah. Itulah yang selalu di ajarkan penulis selaku Kepala SMP PGRI 6 Surabaya yang merulakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir baik kepada siswa/siswi maupun kepada bapak/ibu Guru seperti yang dilakukan pada hari Jum’at 18/2/2022 yaitu Pembacaan Istighosah, Yasin, dan di tutup dengan Pembagian Nasi Bungkus yang sudah dibawa siswa/siswi untuk kegiatan Jum'at Berkah.



Menurut penulis yang juga Sekretaris Yayasan Pendidikam Al-Ikhlas Semampir bahwasannya kegiatan ini adalah kegiatan rutinitas yang dilakukan baik siswa ataupun Guru SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS Al-Ikhlas Surabaya yaitu istighosah, yasin, serta berbagi Jum’at Berkah.

Dengan kegiatan tersebut semoga Allah S.W.T selalu melindungi dan meridhoi semua langkah baik siswa maupun Guru di SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS Al-Ikhlas Surabaya, serta semoga siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya menjadi Generasi Emas ayang Unggul dan Berkarakter.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya



Posting Komentar

0 Komentar