APENSO INDONESIA

header ads

AJAK DAN JADIKAN SISWA/SISWI SMP PGRI 6 SURABAYA GENERASI EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER SERTA PENGUSAHA TERASI

“AJAK DAN JADIKAN SISWA/SISWI SMP PGRI 6 SURABAYA GENERASI EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER SERTA PENGUSAHA TERASI“



Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com


Terasi adalah salah satu bumbu masak yang berasal dari hasil fermentasi ikan atau udang. Terasi memiliki nama lain yaitu balacan. Warna dari terasi ini adalah hitam kecoklatan dan memiliki tekstur seperti pasta yang agak kasar atau berbentuk adonan. 

Terasi ini memiliki bau yang cukup menyengat namun dapat menciptakan rasa yang gurih pada masakan. Terasi memilki rasa yang cukup asin sehingga Anda tidak perlu menambahkan garam terlalu banyak. 

Biasanya orang menggunakan terasi untuk membuat sambal terasi. Terasi yang nikmat adalah terasi yang berasal dari pulau Jawa khususnya yang terasi yang berasal dari daerah Tuban, Jawa Timur. Terasi tersebut terkenal karena tidak mengandung pengawet dan berasal dari udang rebon yang berkualitas baik.

Terasi sebagai bumbu masak yang memiliki aroma menyengat ini ternyata memiliki khasiat yang cukup baik bila dikonsumsi setiap hari. Mengkomsusi terasi berarti Anda membantu untuk pembentukan darah karena mengandung vitamin B12. 

Pengolahan terasi yang melalui fermentasi menyebabkan terasi tidak mudah ditumbuhi oleh kuman atau bakteri. Namun, konsumsi terasi tidak dianjurkan jika dimakan langsung karena terasi tetaplah sebagai bahan tambahan yaitu sebagai bumbu dapur. 

Terasi yang baik adalah terasi yang memilki aroma yang segar dan berasal dari udang. Karena terasi udang terutama udang rebon memiliki rasa yang lebih gurih dan asin. 

Mengolah terasi cukup mudah karena terasi dapat digoreng atau dibakar agar memiliki rasa yang lebih kuat ketikan dicampur dalam masakan seperti sambal terasi ataupun kangkung balacan.

Dalam mewujudkan bakat minat dan kreativitas peserta didik SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Kamis, 17/2/2022 mengadakan kegiatan Ujian Praktik untuk siswa/siswi kelas 9 sebanyak 33 orang yaitu membuat terasi. 

Dimana siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya kelas 9 mempersiapkan bahan – bahannya antara lain : 1. Udang Rebon basah, bisa dibeli mulai besok. 
2. Kemudian di cuci bersih dan dijemur sampai setengah kering.



Siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya baik cowok atau cewek sangat lihai dalam menghaluskan udang sampai halus, bahkan mereka sambil dengan mengobrol. Dalam kesempatan ini yang menjadi Penguji Ujian Praktik Kolaborasi IPA Bahasa Indonesia adalah ibu Mei Ratna Susanti, S.Si dan ibu Sulistiana, S.Pd.

Menurut penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya beliau sangat bangga dengan peserta didik SMP PGRI 6 Surabaya walaupun di masa Pandemi Covid tapi mereka semangat untuk melakukan Ujian Praktik yaitu Unjuk Gelar membuat produk. Dimana produk yang dibuat hari ini yaitu membuat terasi. 

Penulis berharap dengan kegiatan ini anak – anak bisa kreatif membuat terasi, serta harapannya kelak mereka sukses menjadi Generasi Emas Unggul dan Berkarakter. Semoga mereka bisa menjadi Pengusaha terasi.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya





Posting Komentar

0 Komentar