APENSO INDONESIA

header ads

Edu Art oleh UNUSA Dalam Mencetak Generasi Emas Unggul dan Berkarakter di SMP PGRI 6 Surabaya

Edu Art oleh UNUSA Dalam Mencetak Generasi Emas Unggul dan Berkarakter di SMP PGRI 6 Surabaya


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com


Istilah budaya telah melekat dan sering terdengar di dalam kehidupan kita sehari-harinya. Kita pasti telah familiar dengan kata budaya karena Indonesia juga miliki beragam budaya yang tersebar di penjuru wilayahnya. 

Namun, apakah kamu telah mengetahui pengertian budaya dengan arti sebenarnya? 

Sebagai masyarakat yang hidup dalam keanekaragaman budaya kita patut memahami pengertian budaya agar semakin mencintai budaya yang kita miliki. 

Kita dapat memahami kebudayaan melalui pengertian budaya menurut para ahli. OCHI adalah program transformasi budaya kerja untuk mengetahui tingkat kesehatan budaya organisasi. 

Tingkat kesehatan ini akan ditunjukkan dengan jumlah prosentase Toxic Culture. Toxic Culture adalah energi yang terpakai untuk kegiatan tidak produktif di sebuah lingkungan kerja. Toxic Culture menunjukkan tingkat konflik, friksi, dan frustasi dilingkungan tersebut. 

Kata budaya sendiri merupakan suatu bahasa yang berasal dari bahasa Sansekerta yaitu ‘budhayah’ yang merupakan sebuah bentuk jamak dari buddhi yang miliki arti budi atau akal. 

Sedangkan di dalam bahasa Inggris budaya dikenal dengan kata culture yang berasal dari bahasa latin yaitu colore yang miliki arti mengolah atau mengerjakan. Istilah culture sendiri juga digunakan dalam bahasa Indonesia dengan kata serapan "kultur". Budaya dikaitkan dengan bagian dari budi dan akal manusia. Budaya merupakan pola atau cara hidup yang terus berkembang oleh sekelompok orang dan diturunkan pada generasi berikutnya.

Dalam masa Pandemi Covid - 19 seperti saat ini sangat sulit untuk mempelajari culture/budaya bangsa lain, mengingat kondisi yang dialami, sehingga kita tidak bisa belajar tentang budaya di daerah tersebut. 

Alhamdulilah, pada kesempatan kali ini penulis yang menjabat sebagai Kepala Sekola SMP PGRI 6 Surabaya yang merupalan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Rabu, 23/2/2022 mendapatkan undangan dari UNUSA untuk mengikuti pertunjukan pertukaran budaya dengan tema “Edu Art of Faculty of Teacher Training and Education (FTTE) of UNUSA and Erican College Malaysia”.

Adapun kegiatan tersebut diadakan secara daring melalui tempat : Zoom Meeting dengan link
https://us02web.zoom.us/j/88319168777?pwd=RDNOYkZmaTBuYmNUUFZLUVdTYWtyZz09.

Alhamdulilah, suatu kehormatan bagi penulis bisa bergabung di kegiatan tersebut dan penulis bangga bisa berada di room Zoom tersebut.

Semoga kedepannya kerja sama antara UNUSA dan Malaysia dapat ditularkan ilmunya di SMP PGRI 6 Surabaya, sehingga harapannya SMP PGRI 6 Surabaya untuk sumber daya Gurunya bisa mengantarkan Generasi Emas Unggul dan Berkarakter, serta penulis berharap agar bapak/ibu Guru bisa mengajar aman dan nyaman untuk siswa/siswi baik di SMP PGRI 6 Surabaya syukur - syukur bisa untuk kota Surabaya.

#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya




Posting Komentar

0 Komentar