APENSO INDONESIA

header ads

KEGIATAN TAWASUL GURU - GURU SMP PGRI 6 SURABAYA DAN SDS AL-IKHLAS KE WALI 8 UNTUK MENYAMBUT PERSIAPAN PPDB 2022/2023

“KEGIATAN TAWASUL GURU - GURU SMP PGRI 6 SURABAYA DAN SDS AL-IKHLAS KE WALI 8 UNTUK MENYAMBUT PERSIAPAN PPDB 2022/2023“


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Tawasul adalah bentuk ibadah dengan memohon dan berdoa kepada Allah SWT. Tawasul adalah menurut bahasa, Al-wasilah berarti segala hal yang dapat menyampaikan dan mendekatkan kepada sesuatu. 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tawasul adalah mengerjakan suatu amal untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. “Tawasul adalah memohon atau berdoa kepada Allah SWT dengan perantara nama seseorang yang dianggap suci dan dekat kepada Tuhan,” dijelaskan lebih lengkap dalam KBBI.

Upaya bertawasul adalah bagi umat Islam dilakukan untuk memenuhi hajat yang diinginkannya. Doa dengan perantara kekasih Allah SWT dan orang pilihannya, yakni Rasulullah Muhammad SAW. 

Umat Islam yang memiliki budaya tawasul adalah mahzab Imam Syafi’i. “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan,” bunyi QS. Surat Al-Maidah ayat 35. 

Tawasul adalah mendekatkan diri kepada Allah dengan melaksanakan ketaatan kepada-Nya, beribadah kepada-Nya, mengikuti petunjuk Rasul-Nya dan mengamalkan seluruh amalan yang dicintai dan diridhai-Nya.

Dalam mempersiapkan PPDB 2022/2023 bapak/ibu Dewan Guru baik SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS Al-Ikhlas Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamamatan Semampir sebanyak 12 guru pada hari Jum'at, 11/2/2022 – Minggu, 13/2/2022 berkumpul di SMP PGRI 6 Surabaya pada pukul 15.00 untuk melakukan Tawasul Ziarah Wali.

Dalam kesempatan ini, sengaja berangkat sore hari pukul 15.00 dimana sekalian sebelum mulai Tawasul yaitu Sholat Ashar berjamaah di Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya yang dipimpin oleh Ustad Achmad Syaifuddin, S.H.I selaku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Selesai Sholat Ashar, rombongan SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya masuk ke Makam Sunan Ampel untuk melakukan kegiatan Tawasul yang di pimpin oleh bapak Achmad Syaifuddin, S.H.I.

Selesai dari Makam Sunan Ampel melanjutkan perjalanan ke Makam Sunan Giri di Gresik, lalu menuju ke Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim, dan Istirahat di Sunan Maulana Malik Ibrahim untuk menikmati hidangan pecel lele, bebek goreng.



Setelah makan malam, rombongan SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya melanjutkan perjalanan ke Makam Maulana Ishaq, Sunan Drajad, Asmoro Qondi dan tepat pukul 01.00 sampai di makam Sunan Bonang.
 
Pukul 04.00 rombongan Sholat Shubuh sambil istirahat di Masjid sekitar Rembang dikarenakan hampir menempuh perjalanan jauh. Apalagi Takmir Masjid di Rembang sangat baik memberikan kesempatan untuk istirahat meluruskan badan, tak terasa sudah pukul 07.00 rombongan SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya melanjutkan perjalanan ke Makam Sunan Muria, Sunan Kudus dan Sunan Kalijaga. 



Selesai dari Makam Sunan Kalijaga, rombongan Guru – Guru SMP PGRI 6 Surabaya melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta. Dimana disana rombongan nenginap di Summer Quest Hotel yang jaraknya depan Maliboro persis. Sesampai di Summer Quest Hotel, mereka nencari makan malam di Malioboro sambil membeli oleh – oleh. Dalam kesempatan ini, penulis mencari baju untuk keponakan tercinta.

Alhamdulilah hari Minggu, 13/2/2022 rombongan Guru – Guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya pukul 18.30 sudah kembali sampai di Surabaya.

Menuut penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bahwasannya tujuan dari kegiatan Tawasul adalah menyiapkan mental untuk Persiapan PPDB 2022/2023 agar mendapatkan siswa/siswi yang banyak, berkah barokah selamanya, serta semoga keluarga besar SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya diberikan kesehatan dan dijauhkan dari Covid-19. Dan tak lupa, semoga Surabaya kembali aman, nyaman tanpa Covid-19 sehingga Pendidikan dan Perekonomian kembali normal di kota Surabaya tanpa dihantui Covid-19.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya



Posting Komentar

0 Komentar