APENSO INDONESIA

header ads

REZEKI ANAK SHOLE, JUM'AT BERKAH YANG PENUH BERKAH BAROKAH

“REZEKI ANAK SHOLE, JUM'AT BERKAH YANG PENUH BERKAH BAROKAH“


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com


Setiap hari Jumat biasanya kita sering mendengar Jumat Mubarok atau Jumat Barokah. Sebenarnya istilah ini memang diambil dari bahasa Arab yang artinya Jumat Berkah.

Dalam buku "Memburu Pahala di Hari Jum'at" oleh Abu Anas Hilmy bin Muhammad bin Ismail ar-Rasyidi menyebutkan bahwa ahli bahasa Arab mengatakan orang-orang di masa jahiliyah menyebut Jum'at sebagai Arubah. 

Menurut syariat Islam, Jumat adalah hari pertama dalam seminggu. Dalilnya adalah penyebutan sepekan dengan nama Jum'at sebagaimana dalam hadits "Jum'at ke Jum'at (berikutnya). Kamus Al Munawwir menyebutkan, berkah dalam bahasa Arab adalah barokah (البركة ) artinya nikmat. 

Sedangkan menurut istilah berkah (barokah) artinya ziyadatul khair atau bertambahnya kebaikan. 

Sedangkan penjelasan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berkah merupakan karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia. 

Disebut Jumat mubarok karena hari Jumat disebut dengan hari raya yang berulang. Maka tidak diperbolehkkan puasa khusus pada hari itu, tanpa didahului puasa sebelum maupun sesudahnya agar berbeda dengan Yahudi. 

Selain itu, agar tubuh merasa kuat untuk melaksanakan salat Jumat. Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya hari Jumat adalah ied (hari raya), maka jangan jadikan hari raya kalian untuk berpuasa, kecuali jika kalian puasa sebelum dan sesudahnya." (HR. Ahmad). 

Dalam sebuah hadits panjang yang diriwayatkan oleh Anas, Rasulullah SAW bersabda, "... tidak ada kerinduan yang dirasakan oleh penduduk surga melebihi kerinduan mereka kepada hari Jumat, agar mereka dapat melihat Tuhannya Subhanahu Wata'ala dan kemuliaan-Nya. Karena itu, hari itu disebut "Yaumul Mazid"." (HR. Ibnu Abi Syaibah). 

Di hari Jumat mubarok juga laki-laki muslim diwajibkan untuk melaksanakan salat Jumat. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Jumuah ayat 9:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا نُودِىَ لِلصَّلَوٰةِ مِن يَوْمِ ٱلْجُمُعَةِ فَٱسْعَوْا۟ إِلَىٰ ذِكْرِ ٱللَّهِ وَذَرُوا۟ ٱلْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

Arab-Latin: Yā ayyuhallażīna āmanū iżā nụdiya liṣ-ṣalāti miy yaumil-jumu'ati fas'au ilā żikrillāhi wa żarul baī', żālikum khairul lakum ing kuntum ta'lamụn

Artinya: "Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."


Pada hari Jum’at, 25/2/2022 di SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir sebelum sholat Jum'at mendapatkan kiriman dari ibu Dra. Hj. Wiwik Wahyuningsih, MM. selaku Kepala SMP 17 Agustus 1945 berupa ikan bakar. Saat itu, penulis kaget karena ada Gojek mengantarkan bungkusan.




Di hari yang sama, penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya kedatangan tamu yaitu ibu Dra. Erdijanah di SMP PGRI 6 Surabaya untuk mengantarkan oleh - oleh yaitu celana kain dan coklat silverqueen. 

Setelah memberi oleh - oleh tersebut, penulis juga di ajak oleh ibu Dra. Erdijanah yaitu makan bakso dan pangsit di daerah Tenggumung Karya.

Alhamdulilah hari ini adalah hari yang sangat istimewa bagi penulis karena mulai siang sampai sore mendapatkan rezeki pada Jum’at berkah, barokah selamanya. Semoga Allah swt yang membalas kebaikan teman - teman yang memberikan rezekinya hari ini.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya






Posting Komentar

0 Komentar