APENSO INDONESIA

header ads

TINGKATKAN JEJARING UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH UNGGUL DALAM MENJADIKAN GENERASI EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER

“TINGKATKAN JEJARING UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH UNGGUL DALAM MENJADIKAN GENERASI EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER“


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com


Banyak pemimpin sukses di berbagai bidang pernah saya temui. Mereka datang dari berbagai latar belakang dan pendidikan. Ada satu benang merah yang saya lihat, mereka umumnya cepat melihat peluang dan tau siapa yang perlu di ajak bekerja sama untuk merealisasikan peluang tersebut. Kemampuan tersebut timbul karena mereka mempunyai jejaring strategis yang kuat.

Jejaring, yaitu orang-orang yang kita kenal dan mengenal kita, sangat penting peranannya dalam membangun sukses. Orang-orang ini bisa memberikan dukungan, masukan, insight, informasi dan berbagai sumber daya. 

Karenanya, kemampuan untuk membangun jejaring perlu di bangun. Saya sering mengamati para manajer baru pada awalnya mengalami kesulitan untuk membangun jejaring ini. 

Mereka semula hanya mengandalkan kemampuan teknis di pekerjaannya. Ketika mereka diberikan tantangan dan tanggung jawab yang lebih besar, tidak semua manager segera menyadari bahwa tanggung jawab ini menuntut kemampuan membangun relasi selain kemampuan teknis. 

Untuk menyelesaikan pekerjaan, kita harus membangun hubungan kerja yang baik dengan semua pihak yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan kita. 

Pihak-pihak ini disebut jejaring operasional, yang mencakup semua anggota tim kerja, sesama kolega di kantor, semua tim internal yang bisa mendukung atau menggagalkan pekerjaan. Pihak luar seperti pemasok, distributor dan pelanggan termasuk juga dalam jejaring operasional. 

Membangun jejaring operasional penting agar koordinasi dan kerjasama dapat terjalin dengan baik. Untuk itu kita harus saling kenal dan saling percaya.

Dalam menjadikan Sekolah yang berkualitas jejaring itu sangat dibutuhkan dalam mewujudkan sekolah yang berkualitas, makanya pada hari Rabu, 2/2/2022 penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir bersama bapak Ainul Yaqin, S.Si. (Kepala SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya), bapak Anas Fauzi, S.Pd. (Kepala SMP Mujahidin), bapak H. Oemar, S.Ag (Kepala SMP Kemala Bhayangkari 8 Surabaya), ibu Monika Maria Tjantri Trestanti, S.Pd., M.Pd. (Kepala SMP Katolik Pecinta Damai Surabaya) pada pukul 14.30 mendatangi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya di Jl. Dinoyo Surabaya.



Kedatangan mereka ke kampus UNIKA Widya Mandala Surabaya yang bertepatan di lantai 3 Ruang Rektorat disambut hangat oleh Rektor UNIKA Widya Mandala, Prof. Koencoro Foe dan ibu Lanny selaku Wakil Rektor III UNIKA Widya Mandala Surabaya.

Penulis yang membuka kunjungan ini, menghaturkan banyak terima kasih kepada UNIKA Widya Mandala Surabaya yang sudah mempersiapkan untuk acara Pelatihan Lab IPA selama 1 ½ bulan. Alhamdulilah, acara berjalan lancar dan sukses tanpa adanya hambatan.

Di samping itu, penulis meminta kepada Widya Mandala Surabaya sudi kiranya untuk dapat mendampingi SMP Swasta Surabaya Utara dalam menjadikan Generasi Emas Unggul dan Berkarakter, sehingga harapannya di masa pandemi ini tumbuh generasi emas hebat di wilayah Surabaya Utara dan jejaring ini bisa terus berlanjut untuk kemajuan pendidikan di Indonesia, khususnya di kota Surabaya.

Penulis menghaturkan banyak terima kasih kepada Widya Mandala Surabaya semoga kerjasama jejaring ini terus berlanjut dan semoga UNIKA Widya Mandala Surabaya semakin sukses, berkah barokah selamanya.

#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya



Posting Komentar

0 Komentar