APENSO INDONESIA

header ads

AJAK DAN AJARKAN SISWA/SISWI SMP PGRI 6 SURABAYA UNTUK SELALU LANTUNKAN AYAT AL – QUR’AN SEBELUM KBM BERLANGSUNG

“AJAK DAN AJARKAN SISWA/SISWI SMP PGRI 6 SURABAYA UNTUK SELALU LANTUNKAN AYAT AL – QUR’AN SEBELUM KBM BERLANGSUNG“


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Al-Qur'an merupakan kitab suci umat Islam yang dijadikan sebagai pedoman hidup umat manusia. Di dalamnya tertulis pesan-pesan langsung dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala, yang bisa menuntun umat islam ke jalan yang benar dan lurus. 

Oleh karena itulah, membaca Al-Qur'an merupakan salah satu ibadah yang penting. Dengan mengamalkan ajaran-ajaran dalam Al Qur'an, kita akan merasakan banyak faedah dan insyaallah hidup pun akan membaik. 

Selain bisa memberikan pahala dan efek positif terhadap manusia, Al Qur'an juga bisa mempengaruhi ke benda-benda mati disekitarnya. Salah satu contohnya adalah melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an di dalam rumah. 

Rutin membaca Al-Qur'an di rumah memiliki efek yang dahsyat terhadap tempat tinggal kita Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Hiasi Rumah dengan Bacaan Al Quran dengan suara merdu ternyata merupakan anjuran dalam Islam. 

Di zaman Rasulullah, para sahabat juga melantunkan bacaan Al Qur’an dengan suara merdu. Lantas, apa keutamaan membaca Al Qur’an dengan suara indah? 

Allah subhanahu wa ta’ala menyukai orang- orang yang membaguskan suaranya ketika membaca Al Qur’an. “Tidaklah Allah mendengarkan sesuatu sebagaimana Dia mendengarkan Nabi-Nya membaguskan bacaan Al Qur’andan mengeraskan suaranya.” (HR Bukhari 7544, Muslim 792). 

Riwayat lain menyebutkan, “Bukan golongan kami, orang yang tidak taghanni dalam membaca Al Qur’an.” (HR Bukhari 350). 

Dilansir dari laman islampos.com, memperindah bacaan Al Qur’an sangatlah dianjurkan terlebih melantunkan dengan suara merdu hukumnya adalah sunnah. 

Imam An-Nawawi berkata, “Para ulama telah sepakat atas sunnahnya membaca Al Qur’an secara tartil.” Dari sunnahnya membaca Al Qur’an, Rasulullah pun membacakan lantunan ayat Al Quran dengan suara merdu, maka tidak heran jika memperindah bacaan dengan suara merdu hukumnya sunah.

Bara’ bin ‘Azib radhiyallahu ‘anhu, berkata, “Saya mendengar Rasulullah membaca surat at-Tin pada waktu malam hari. Sungguh saya belum pernah mendengar suara yang lebih baik daripada suara beliau.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Alhamdulillah, lantunan ayat suci Al-Qur’an setiap pagi mulai hari Selasa - Jum'at selalu didengarkan di SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir seperti yang dilakukan pada hari Selasa, 1/3/2022 di suasana yang mendung dan gerimis, tetapi lantunan ayat suci Al-Qur’an masih berkumandang di lapangan SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya.

Menurut penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bahwa kegiatan ini adalah kegiatan rutinitas yang ada di SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya yang berlangsung sudah hampir 10 tahun yang lalu. Dimana setiap hari Selasa - Rabu membaca Juz Amma dan Kamis – Jum’at membaca Yasin dan Istighosah. Kegiatan ini adalah mengajak siswa/siswi untuk menumbuhkan karakter. 

Di samping itu juga, penulis menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah agar Sekolah menjadi dingin dengan lantunan ayat Al-Qur’an tersebut. Kegiatan tersebut dilakukan pukul 06.30 sebelum kegiatan pembelajaran dimulai.

Penulis dalam kesempatan ini berharap semoga kelak siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya tumbuh menjadi Generasi Emas Unggul dan Berkarakter. Semoga mereka tetap istiqomah melantunkan ayat – ayat Al-Qur’an agar mereka aman nyaman dan tenang dalam menjalani kehidupan ini.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya





Posting Komentar

0 Komentar