APENSO INDONESIA

header ads

AJAK DAN AJARKAN SISWA/SISWI SMP PGRI 6 SURABAYA DAN SDS AL-IKHLAS CINTA ALAM DAN KASIH SAYANG SESAMA MANUSIA

“AJAK DAN AJARKAN SISWA/SISWI SMP PGRI 6 SURABAYA DAN SDS AL-IKHLAS CINTA ALAM DAN KASIH SAYANG SESAMA MANUSIA”



Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Teringat pada Dasa Dharma Pramuka yaitu 'Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia'. Banjir tidak akan terjadi di tengah-tengah kita apabila kita sebagai manusia dan mencintai alam di sekitar kita. 

Merenungkan tentang bagaimana perilaku kita terhadap lingkungan terhadap alam apakah sudah membuktikan bentuk cinta terhadapnya atau hanya kedzaliman saja, begitulah kiranya. 

Sebagai contoh di lingkup kecil tentang perilaku kita saat membuang sampah. Apakah sudah sadar diri untuk menempatkan sampah pada tempatnya atau malah menempatkan sampah di tempat yang tidak semestinya. 

Sebagai manusia yang mencintai alam tentunya akan berperilaku sebagai manusia yang mencintai alam sebagai bentuk kasih sayang sesama manusia. Bagaimanapu kesalahan yang dilakukan akibat dzalim kepada alam adalah akan berdampak pada manusia lainnya yang mungkin tak berdosa dan senantiasa menjaga lingkungan alam sekitar. 

Dasa Dharma Pramuka tentang cinta alam dan kasih sayang sesama manusia sangat relevan menjadi bahan renungan mengapa bencana alam sering terjadi khususnya banjir. 

Perilaku kita terhadap alam akan berdampak pada penghuni bumi seluruhnya. Maka dari itu, benar kiranya mengamalkan salah satu dari Dasa Dharma Pramuka dengan mencintai alam menjaga alam dengan penuh tanggung jawab sebagai bukti kasih sayang sesama manusia agar tidak ada korban akibat bencana alam.

Dalam mengimplementasikan Dasa Dharma Pramuka siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Sabtu, 19/3/2022 yang dimana waktunya kegiatan ekstra Pramuka dan Panahan. 



Karena kak Syahrul, S.Pd selaku Pelatih Pramuka dan Panahan ada kegiatan keluarga, tidak disia-siakan oleh siswa/siswi untuk melakukan kegiatan peduli dan berbudaya lingkungan. Dimana siswa/siswi membersihkan halaman sekolah mulai pintu pagar, halaman dan lain – lain. Bahkan ada yang angkat pot – pot tanaman untuk di sapu sehingga tampak bersih.

Menurut penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bahwasannya kegiatan ini adalah mengamalkan Dasa Dharma tentang Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia. Semoga siswa/siswi tumbuh menjadi Generasi Sehat dan Emas Unggul.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya






Posting Komentar

0 Komentar