APENSO INDONESIA

header ads

Ajak Sekolah Binaan Membenahi Manajemen Sekolah untuk Mencapai Sekolah Unggul yang Menyenangkan

Ajak Sekolah Binaan Membenahi Manajemen Sekolah untuk Mencapai Sekolah Unggul yang Menyenangkan



Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com

 

Pendidikan adalah satu dari faktor dalam meningkatkan kualitas kehidupan. Meramu metode pendidikan secara apik untuk menghasilkan bibit unggul sudah sering kita dengar, namun mengemasnya dengan cara yang menyenangkan tidak semua orang bisa melakukannya. 

Kepala sekolah sebagai nakhoda di sekolah dan penentu kebijakan dalam mengimplementasikan pembelajaran menjadi indikator yang paling utama dalam mewujudkan sekolah unggul yang menyenangkan. 

Bahwa kriteria sekolah yang menyenangkan dapat dilihat dari beberapa indikator yaitu kepemimpinan kepala sekolah, dukungan pendidik dan tenaga kependidikan, lingkungan sekolah, sarana dan prasarana, kegiatan pembelajaran, layanan prima, serta iklim kelas. 

Pengelolaan sekolah yang berfokus pada hal-hal tersebut terbukti mampu menjadikan sekolah unggul dan menyenangkan. Selanjutnya, lingkungan sekolah baik dan kondusif sangat mendukung kegiatan pembelajaran maupun kegiatan-kegiatan akademik dan sosial lain di sekolah serta letak sekolah yang cukup strategis dan didukung udara yang sejuk. 

Sekolah juga memiliki sarana prasarana yang memadai untuk mendukung kegiatan pembelajaran seperti ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, kantor kepala sekolah, kantor guru, masjid, ruang unit kesehatan sekolah, dan lapangan cukup luas serta memadai untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Selain itu, sekolah juga memiliki kelengkapan alat, media, dan sumber belajar yang cukup. 

Di sisi lain, sekolah menerapkan layanan prima yang mengedepankan kepuasan pelanggan. Layanan prima ini telah dilakukan oleh kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lainnya kepada siswa sehingga siswa menjadi nyaman dalam mengikuti proses belajar siswa. 

Sementara itu, terkait dengan iklim kelas yang menjadi satu dari indikator penting dalam peningkatan kualitas pembelajaran, sekolah menjadikan suasana kelas sarat dengan energi positif yang difasilitasi dengan berbagai kegiatan. 

Sekolah adalah lingkungan kedua terdekat dari anak-anak kita setelah keluarga, bahkan sering kali, anak-anak menghabiskan sebagian besar waktunya di sekolah. Oleh karena itu, sebagai wadah pembentukan dan penumbuhan karakter siswa maka suasana dan kondisi sekolah yang nyaman, bersih, rapih, dan aman sangat penting dalam menunjang terwujudnya sekolah yang menyenangkan.

Selain itu, sekolah adalah tempat anak berlindung dari kebodohan, tempat anak mengasah intelektualitasnya, dan tempat anak bersosialisasi secara baik dalam rangka pengembangan kepribadian. 

Sebagai benteng peradaban, sekolah mestinya menjadi tempat yang paling menyenangkan bagi anak dalam bergaul dengan sesama, belajar menghormati guru, belajar mematuhi aturan, dan belajar seluk-beluk kehidupan. 

Suasana dan kondisi tersebut menjadi tugas dan tanggungjawab semua komponen di lingkungan sekolah. Kegiatan pendidikan di sekolah menempatkan para siswa sebagai pelanggan yang harus diberikan pelayanan oleh sekolah secara prima. 

Kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan adalah pelayan mereka yang harus mampu menciptakan situasi yang menyenangkan sehingga mereka merasa “betah” tinggal di sekolah sebagai rumah keduanya.

Bapak Drs. Massjaroch Kohar, M.M. selaku Pengawas Pembina yang baru di wilayah Kecamatan Semampir dan Kenjeran langsung meninjau sekolah - sekolah binaan dari beliau. Di sekolah - sekolah tersebut beliau mengajak Sekolah agar Manajemen Sekolah untuk mencapai sekolah unggul yang menyenangkan.

Dalam kesempatan ini, bapak Drs. Massjaroch Kohar, M.M. mengajak sekolah - sekolah agar Manajemen Sekolah harus dapat dijalankan dengan sebaik - baiknya yang terpenting jika luang itu yang harus dijalankan, ganti Kurikulum apapun yang penting jangan ada prinsip pokoknya kayak yang lalu. Ini yang harus dihindari. 

Bapak Drs. Massjaroch Kohar, M.M. berharap Sekolah Utara bisa menjadi Sekolah unggul dan menyenangkan, dan diminati masyarakat. 
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya





Posting Komentar

0 Komentar