APENSO INDONESIA

header ads

BERSAMA DISPUSIP JAWA TIMUR AJAK DAN AJARKAN SISWA DAN GURU CAKAP LITERASI KREATIF DALAM MENCERDASKAN GENERASI EMAS UNGGUL DAN KARAKTER

“BERSAMA DISPUSIP JAWA TIMUR AJAK DAN AJARKAN SISWA DAN GURU CAKAP LITERASI KREATIF DALAM MENCERDASKAN GENERASI EMAS UNGGUL DAN KARAKTER”


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Kemampuan literasi membaca terkait dengan kemampuan memahami teks bacaan dengan analitis, kritis dan reflektif. Literasi membaca tidak hanya berkaitan dengan pengetahuan dan keterampilan namun juga terkait dengan dengan motivasi, sikap, dan perilaku. 

Situasi ini juga yang mendorong lahirnya salah satu komunitas literasi membaca yang disebut dengan komunitas seminggu sebuku lewat media digital.

Komunitas ini memiliki 232 anggota. Setiap orang akan membaca sebuah buku setiap minggunya. Di akhir minggu para volunteer akan menyampaikan refleksi buku yang sudah dibaca dan disampaikan melalui aplikasi untuk bisa didengarkan hasil refleksi dari buku yang sudah dibaca ke semua orang yang berada dalam komunitas tersebut. 

Komunitas literasi membaca ini diinisiasi oleh sociopreneur.id. Penelitian ini fokus pada fenomena literasi membaca dalam aplikasi sociopreneur.id terkait dengan aktifitas dan kontribusinya terhadap literasi membaca selama pandemi. Kegiatan ini memberikan efek positif pada minat baca, kemandirian, interaksi sosial, dan praktik membaca anggota menjadi meningkat.

Dalam menumbuhkan literasi yang kreatif bagi peserta didik, apalagi di masa Pandemi Covid seperti saat ini.Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur pada hari Kamis, 24/3/2022 mengadakan kegiatan Workshop Dongeng melalui Zoom dengan tems "Literasi Kreatif Melalui Bercerita, Bernyanyi dan Menulis".



Adapun kegiatan tersebut di mulai lukul 08.00 melalui Join Zoom Meeting :
https://us02web.zoom.us/j/82863125692?pwd=T0lmSFFqS2crcXNMT0Iwdy9OYnJtQT09 Meeting ID: 828 6312 5692
Passcode: 131588.

Dalam kesempatan ini, penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecmatan, Semampir ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan ini yang jadi Narasumber, yaitu :
1. Sesi 1 - Kang Ferry Curtis (Penulis Lagu Literasi) 
2. Sesi 2 - Kak Watik Ide (Penulis Buku Cerita Anak) 
3. Sesi 3 - Kak Aio 
Ketiga narasumber sangat keren dan berkompeten sampai – sampai waktu sudah menunjukan pukul 12.30 untuk waktunya mengakhiri Workshop.

Penulis berharap dengan kegiatan ini Guru - Guru di SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al - Ikhlas Surabaya dapat menumbuhkan literasi di Sekolah, sehingga siswa/siswi gemar membaca dan menjadi Generasi Emas Unggul dan Berkarakter.

Sebelum mengakhiri Workshop, pihak Panitia  Dinas Perpustakaan Provinsi Jawa Timur memberikan link presensi dan materi melalui link presensi : https://bit.ly/WD240322 dan link materi dan e-sertifikat : https://bit.ly/materidanesertifikat.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya






Posting Komentar

0 Komentar