Edu Time - Serial Kepsek Jaman Now Bersama KPI Manajemen Pengembangan SDM Guru dan Karyawan di Sekolah dalam Mencetak Generasi Emas Unggul dan Berkarakter
Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com
Guru dan karyawan merupakan salah satu komponen sumber daya manusia pendidikan yang harus dikelola dan dikembangkan terus-menerus secara kontinyu dan berkelanjutan. Pengembangan guru dan karyawan di lembaga pendidikan dapat dilakukan melalui on the job, demonstrasi and example, dan classroom methods.
Selain itu, pengembangan profesi guru juga dapat dilaksanakan melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), yang meliputi: pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.
Melalui pengembangan ini, potensi sumber daya guru dan karyawan dapat dibina dan dikembangkan dalam rangka meningkatkan keterampilan dan kualitas kinerjanya dalam mengajar sehingga profesionalisme guru dapat terwujud.
Guru yang profesional sesungguhnya adalah guru yang di dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya bersifat otonom, menguasai kompetensi secara komprehensif dan daya intelektual tinggi.
Guru yang profesional akan mampu untuk melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu. Pembelajaran yang bermutu diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman peserta didik.
Dalam arti yang tradisional, konsep pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan terbatas pada urusan-urusan manajemen operatif, seperti mengelola data tenaga pendidik dan kependidikan (record keeping), penilaian kinerja yang bersifat mekanistik (mechanical job evaluation), kenaikan pangkat dan gaji secara otomatis (automatic merit increase).
Perhatian terhadap SDM pada masa kini mencakup aspek-aspek yang berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan tenaga pendidik dan kependidikan (fisik, emosional dan sosial), yang akan berpengaruh secara signifikan terhadap cara-cara mereka bertugas, dan dengan sendirinya berpengaruh terhadap produktivitas mereka.
Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) pada masa kini memfasilitasi aktualisasi dan pengembangan kompetensi para tenaga pendidik dan kependidikan melalui program-program pengembangan dan pemberdayaan yang dilakukan secara sistematik.
Pengembangan dan pemberdayaan SDM merupakan bagian dari MSDM yang memiliki fungsi untuk memperbaiki kompetensi, adaptabilitas dan komitmen para tenaga pendidik dan kependidikan.
Dengan cara demikian,sekolah memiliki kekuatan bukan saja sekedar bertahan (survival),melainkan tumbuh (growth), produktif (productive),dan kompetitif (competitive). Dan dalam proses demikian, dukungan SDM yang kuat melahirkan sekolah yang Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah segala kegiatan yang berkaitan dengan pengakuan pada pentingnya tenaga pendidik dan kependidikan pada sekolah sebagai sumber daya manusia yang vital, yang memberikan sumbangan terhadap tujuan sekolah, dan memanfaatkan fungsi dan kegiatan yang menjamin bahwa sumber daya manusia dimanfaatkan secara efektif dan adil demi kemaslahatan individu, sekolah, dan masyarakat.
Dalam pengertian ini, posisi sumber daya manusia tidak bisa digantikan oleh faktor-faktor lain dilihat dari nilai sumbangannya terhadap sekolah. Seorang tenaga pendidik dan kependidikan dinyatakan memiliki nilai sumbangan kepada sekolah apabila kehadirannya diperlukan, memiliki nilai tambah terhadap produktivitas sekolah dan kegiatannya berada dalam mata rantai keutuhan sistem sekolah itu.
Tingkat keberhasilan manajemen sumber daya manusia dalam satu sekolah dapat dikaji dari ketepatan melaksanakan fungsi-fungsi MSDM. Kemaslahatan seorang tenaga pendidik dan kependidikan harus dilihat dari kepentingan dan kebermaknaan bagi dirinya sendiri, produktivitas sekolah dan pihak-pihak yang memperoleh jasa layanan sekolah itu.
Dalam masa Pandemi Covid - 19 manajemen pengembangan SDM Guru dan karyawan sangat diperlukan dalam mencapai sebuah kesuksesan, seperti yang dilakukan penulis pada hari Kamis, 3/3/2022 pukul 19.30 mengikuti Edu Time - Serial Kepsek Jaman Now Manajemen Pengembangan SDM Guru dan Karyawan di Sekolah secara daring yang diadakan oleh KPI dan Kuanta melalui link https://zoom.us/j/94156684305?pwd=VUwwU3Zza01lYmU0cUF3QUk3MHh5dz09.
Dimana yang menjadi narasumber adalah ibu Dyah Saptariningtyas. Dimana para Kepala Sekolah sangat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan tersebut.
Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir sangat semangat mengikuti kegiatan tersebut.
Agar penulis bisa melakukan manajemen pengembangan SDM Guru dan karyawan di SMP PGRI 6 Surabaya. Apalagi setelah ini akan melaksanakan PPDB 2022/2023 dengan merubah manajemen tersebut. Harapannya agar Guru - Guru bisa semangat untuk mengantarkan siswa/siswi menjadi Generasi Emas Unggul dan Berkarakter.
Tidak terasa sudah pukul 21.00, penulis juga menyempatkan untuk mengisi presensi kehadiran di kegiatan tersebut melalui link : https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfDl8XJ6o2BUwgp2cgIWoUPgpzTHzSODlUNUiQ3O9EoSYPj7w/viewform.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya
0 Komentar