APENSO INDONESIA

header ads

KEBERSAMAAN YANG HAKIKI MAKAN BERSAMA ANTARA GURU DAN SISWA/SISWI DARI HASIL PANEN LELE DI SMP PGRI 6 SURABAYA DAN SDS AL-IKHLAS SURABAYA

“KEBERSAMAAN YANG HAKIKI MAKAN BERSAMA ANTARA GURU DAN SISWA/SISWI DARI HASIL PANEN LELE DI SMP PGRI 6 SURABAYA DAN SDS AL-IKHLAS SURABAYA”



Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com


Kebersamaan yang hakiki adalah kebersamaan yang bersandarkan kepada tali (buhul) Allah Swt. Kebersamaan yang akan mengantarkan kita kepada kebahagiaan dunia dan akhirat.
Allah Swt. memberitakan bahwa hanya kebersamaan, persahabatan dan pertemanan yang didasari atau dilandaskan iman dan takwalah yang langgeng/abadi. 

Allah Swt berfirman, ”Teman-teman akrab pada hari itu (hari kiamat) sebagian menjadi musuh bagi sebagian yang lain, kecuali orang-orang yang bertakwa.” (Q.S. Az Zukhruf : 67). 

Kebersamaan itulah yang selalu diajarkan oleh SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir seperti yang dilakukan siswa/siswi baik SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS Al-Ikhlas Surabaya bersama bapak/ibu Dewan Guru dimana pada hari Sabtu, 12/3/2022 adalah kegiatan pengembangan diri berupa kegiatan Pramuka dan Panahan. 

Di sela – sela acara Panahan dan Pramuka, diisi pula dengan kegiatan Panen Lele untuk dimasak dan dimakan bersama.

Dalam kesempatan ini, bapak/ibu Dewan Guru bersama - sama memasak pada siang hari. Ada Guru yang mengiris bawang merah & putih, menggoreng tahu, tempe, terong dan telur. Sedangkan Habibi siswa kelas 9 SMP PGRI 6 Surabaya dibantu kak Syahrul, S.Pd selaku Pelatih Pramuka dan Panahan memanen Lele di kolam Lele milik SMP PGRI 6 Surabaya. 



Bapak/ibu Guru dan siswa/siswi sangat antusias dan semangat dalam kegiatan tersebut. Tidak terasa tepat pukul 10.30 semua hidangan menu Lele, sambel, terong, tahu, tempe sudah siap dihidangkan.

Alhamdulilah, bapak/ibu Dewan Guru SMP PGRI 6 Surabaya menikmati hidangan dan makan bersama di ruang guru, serta siswa/siswi makan di daun pisang. Dimana kak Syahrul, S.Pd yang bertugas membagikan nasi, ikan Lele, telur, serta sambalnya kepada siswa/siswi. 

Menurut ibu Yuni Ismaryati, S.Pd kegiatan makan di daun pisang ini seperti anak pondokan. Dimana kegiatan tersebut adalah untuk menjalin kebersamaan yang hakiki antara adik kelas di SDS Al-Ikhlas maupun dengan sejawat di SMP PGRI 6 Surabaya.

Dalam kesempatan ini, penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya merasa bangga karena dengan kebersamaan mereka mampu menjaga Lele sehingga bisa menjadi besar, serta dapat dipanen dan dimakan secara bersama - sama antara siswa/siswi dan Guru di SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS Al-Ikhlas Surabaya.

Di SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya dimana pembelajaran secara langsung untuk kegiatan praktik seperti yang diharapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Ristek tentang Kurikulum Merdeka. Penulis berharap agar siswa/siswi tumbuh menjadi Generasi Emas Unggul dan Berkarakter.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya





Posting Komentar

0 Komentar