APENSO INDONESIA

header ads

Menjadi Kepala Sekolah Profesional dan Berkarakter Dalam Mencetak Generasi Emas Unggul dan Berkarakter

“Menjadi Kepala Sekolah Profesional dan Berkarakter Dalam Mencetak Generasi Emas Unggul dan Berkarakter“



Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas sangat terkait erat dengan keberhasilan peningkatan kompetensi dan profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) tanpa mengabaikan faktor-faktor lainnya seperti sarana dan prasarana serta pembiayaan. 

Kepala sekolah merupakan salah satu PTK yang posisinya memegang peran sangat signifikan dan strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pendidikan di sekolah. 

Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan sangat ditentukan oleh peran kepemimpinan kepala sekolah. Karena kepala sekolah sebagai pemimpin di lembaganya, maka kepala sekolah harus mampu membawa lembaga ke arah tercapainya tujuan yang telah di tentukan. 

Kepala sekolah harus mampu melihat adanya perubahan terhadap regulasi pendidikan dan kehidupan globalisasi. 

Kepemimpinan kepala sekolah sangat menunjang akan tercapainya pengelolaan sekolah yang efektif dan efisien. Untuk menciptakan sekolah yang efektif dan efisien, kepala sekolah sebagai manajer pendidikan di tingkatan sekolah dan ujung tombak utama dalam mengelola pendidikan diharapkan mampu memegang tugas dan bertanggung jawab memegang peran aktif dalam memajukan sekolah / lembaga pendidikan.

Banyak faktor penghambat tercapainya kualitas keprofesionalan kepemimpinan kepala sekolah seperti proses pengangkatannya tidak trasnparan, rendahnya mental kepala sekolah yang ditandai dengan kurangnya motivasi dan semangat serta kurangnya disiplin dalam melakukan tugas, dan seringnya datang terlambat, wawasan kepala sekolah yang masih sempit, serta banyak faktor penghambat lainnya yang menghambat tumbuhnya kepala sekolah yang professional untuk meningkatkan kualitas pendidikan. 

Ini mengimplikasikan rendahnya produktivitas kerja kepala sekolah yang berimplikasi juga pada mutu (input, proses, dan output). 

Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah adalah sorang guru yang mempunyai kemampuan untuk memimpin segala sumber daya yang ada pada suatu sekolah sehingga dapat didayagunakan secara maksimal untuk mencapai tujuan bersama.

Setelah melalui seleksi dari YPLP DASMEN PGRI cabang kota Surabaya, penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Senin, 28/3/2022 menghadiri Undangan YPLP DASMEN PGRI cabang jota Surabaya di Wisma PGRI kota Surabaya Jl. Musi, No. 19 Surabaya.



Penulis ikut serta dalam acara yaitu ikut dilantik dan dikukuhkan menjadi Kepala SMP PGRI bersama Kepala SMP, SMA, dan SMK PGRI di kota Surabaya. Dalam kesempatan ini yang melantik adalah Ketua YPLP DASMEN PGRI Jawa Timur, Bapak Drs. H. Soemarto, MM.

Dalam sambutannya, Bapak Drs. H. Soemarto, MM meminta Kepala Sekolah yang dilantik bisa menjalankan roda organisasi PGRI sesuai AD/ART PGRI, serta semoga bisa membawa Sekolah PGRI lebih amanah dan lebih baik.

Penulis juga berharap agar bisa mengemban amanah ini dengan sebaik - baiknya, serta bisa membawa SMP PGRI 6 Surabaya jaya, sukses, berkah barokah selamanya, serta semakin berprestasi dan berharap agar bapak/ibu Guru dan Orang tua mampu mencetak Generasi Emas Unggul dan Berkarakter.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya



Posting Komentar

0 Komentar