APENSO INDONESIA

header ads

Pelatihan “Teknik Pendampingan Siswa dan Keterampilan Dasar Teknik Konseling” Bagi Guru Bimbingan Konseling dan Waka Kesiswaan - MKKS SMP Swasta Surabaya Utara

“Pelatihan “Teknik Pendampingan Siswa dan Keterampilan Dasar Teknik Konseling” Bagi
Guru Bimbingan Konseling dan Waka Kesiswaan - MKKS SMP Swasta Surabaya Utara“


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Keterampilan dasar konseling menjadi salah satu “senjata” penting yang harus dipahami dan dikuasai oleh seorang guru Bimbingan dan Konseling (BK) atau konselor dan WAKA Kesiswaan saat melakukan sesi konseling kepada konselingnya. 

Tinggi rendahnya keterampilan dasar konseling guru BK Dan Waka Kesiswaan dapat mempengaruhi keberhasilan layanan konseling yang diberikan. 

Pada masa pandemi ini, banyak siswa yang mengalami berbagai masalah, salah satunya terkait minat belajar on line, dan lain sebagainya. 

Pandemi memaksa siswa untuk melakukan “sekolah on line” atau belajar dari rumah. Belajar dari rumah nyatanya memiliki banyak dampak negatif, salah satunya yaitu minat belajar on line yang rendah. Sehingga untuk membantu permasalahan minat belajar on line peserta didik, konselor dapat melakukan konseling on line dengan didukung kemampuan keterampilan dasar konseling yang baik.

Dalam meningkatkan kualitas SDM dan profesionalisme Guru BK dan WAKA Kesiswaan di wilayah SMP Swasta Surabaya Utara khususnya di masa pandemi seperti saat ini, peran Guru BK dan WAKA Kesiswaan sangat penting. 

Makanya, MKKS SMP Swasta Surabaya Utara bersama UNIKA Widya Mandala Surabaya untuk membekali para Guru BK dan WAKA Kesiswaan SMP Swasta Surabaya mengadakan Pelatihan “Teknik Pendampingan Siswa dan Keterampilan Dasar Teknik Konseling” bagi Guru Bimbingan Konseling dan Waka Kesiswaan yang diadakan di Auditorium Gedung A Lantai IV Kampus Dinoyo, Jl. Dinoyo 42-44 Surabaya Pada Hari SABTU 26/3/2022.

Pelatihan dimulai pukul 08.00. Dimana Pelatihan diikuti 40 Guru BK dan 40 Waka Kesiswaan SMP Swasta Surabaya Utara. 



Dalam sambutannya, penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir dan juga Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara menyampaikan bahwa 40 Guru BK dan 40 Waka Kesiswaan SMP Swasta Surabaya Utara ini niatkan untuk ibadah mencari ridho Allah S.W.T dan mohon untuk mengaplikasikan ilmu tersebut di Sekolah masing – masing dengan harapan anak – anak kita di SMP Swasta Surabaya terayomi dalam memperoleh pendidikan, sehingga mereka bisa aman dan nyaman dalam mengenyam pendidikan.



Di samping itu, penulis juga menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah mendukung program Pemkot Surabaya tentang Surabaya Mengajar.
 
Dalam sambutannya, bapak Kepala Dinas Pendidikan kota Surabaya Ir. Yusuf Masruh, MM meminta agar kolaborasi antara UNIKA Widya Mandala Surabaya dengan MKKS SMP Swasta Surabaya Utara tetap berlanjut demi generasi penerus kita.

Di samping itu, pria kelahiran 24 Desember 1967 itu menyampaikan bahwa Surabaya sudah PTM 100%.  Jadi mari kita sambut dengan suka cita ajak anak didik untuk kembali meraih prestasi di sekolah masing - masing untuk mengharumkan nama sekolah dan Orang tua.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan pesan dan kesan dari masing – masing peserta Pelatihan di Lab IPA. Dimana Kepala Lab diwakili oleh Monika Maria Tjantri Trestanti, S.P., M.Pd. dari SMP Katolik Pecinta Damai dan Laboran diwakili oleh Mei Ratna Susanti, S.Si dari SMP PGRI 6 Surabaya. Sedangkan Teknisi diwakili Nurulita, S.Si dari SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya. 

Mereka menghaturkan banyak terima kasih kepada UNIKA Widya Mandala Surabaya karena sudah menularkan ilmu yang baru bagi SMP Swasta Surabaya Utara sehingga ilmu Lab bisa diaplikasikan di Sekolah Swasta Utara.

Dalam kesempatan ini, yang menjadi narasumber pelatihan adalah Chaterina Yeni Susilaningsih, S.Pd., M.Pd (Dosen Prodi BK), Dicky Susilo, M.Psi., Psikolog (Dosen ), Eli Prasetyo, M.Psi., (Psikolog), dan Kristin Anggraini, S.Pd., M.Pd. (Dosen PAUD - FKIP).

Alhamdulilah, kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 26 Maret 2022 sampai 21 Mei 2022 secara daring mengingat bulan suci ramadhan. Jadi, pelaksanaannya secara daring. Dan, pelatihan sore hari ini berakhir pukul 15.00. Penulis berharap kepada Guru BK Dan WAKA Kesiswaan agar bisa menjadikan Generasi Emas Unggul dan Berkarakter di kota Surabaya.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya







Posting Komentar

0 Komentar