APENSO INDONESIA

header ads

PERINGATAN ISRA MIRAJ NABI MUHAMMAD S.A.W 1443 SERTA LAUNCHING PPDB 2022/2023 SMP PGRI 6 SURABAYA DAN SDS AL-IKHLAS SURABAYA

“PERINGATAN ISRA MIRAJ NABI MUHAMMAD S.A.W 1443 SERTA LAUNCHING PPDB 2022/2023 SMP PGRI 6 SURABAYA DAN SDS AL-IKHLAS SURABAYA”



Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam karena mengisahkan perjalanan rohani Nabi Muhammad SAW. Saat itu, Nabi Muhammad SAW mendapat perintah dari Allah SWT untuk menjalankan salat lima waktu. 

Dikutip dari The Story of Prophet Muhammad Night Journey (Isra Miraj) from Earth to Heaven in Islam (2016) karya Muham Dragon Sakura, peristiwa Isra miraj adalah dua perjalanan Nabi Muhammad SAW yang terjadi dalam satu malam. 

Umat Islam memperingati Isra Miraj setiap tanggal 27 Rajab tahun Hijriah. Bagi Umat Islam peristiwa Isra Miraj menjadi salah satu momen yang sangat penting. Peristiwa ini merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW ke langit ke-7, yang juga mempertemukannya dengan para nabi terdahulu.

Peristiwa Isra Miraj sendiri terjadi pada tanggal 27 Rajab. Jika biasanya wahyu untuk Nabi Muhammad melalui perantara Malaikat Jibril, kali ini Allah SWT memberikan perintahnya langsung pada Rasulullah SAW. 

Isra Miraj sendiri merupakan dua peristiwa yang terjadi pada waktu yang berbeda, bukan merupakan satu peristiwa saja. Peristiwa Isra Miraj ini sangat penting karena berkaitan dengan ibadah utama bagi umat Muslim, yakni salat 5 waktu.

Isra merupakan peristiwa perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa. Pada saat itu, Nabi Muhammad SAW mengendarai Buraq.

SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir, serta SDS Al-Ikhlas Surabaya pada hari Jum’at, 11/3/2022 mengadakan kegiatan Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad saw 1443H/2022 M.



Dalam kesempatan ini, kegiatan tersebut diisi dengan berbagai macam kegiatan. Dimana siswa/siswi dari rumah sudah membawa Al-Qur'an masing – masing dan oleh bapak/ibu Guru sudah dibagi Juz yang mereka baca mulai dari siswa/siswi SDS Al-Ikhlas Surabaya sampai SMP PGRI 6 Surabaya. 

Kegiatan dimulai pukul 06.30. Dimana seluruh siswa/siswi langsung membaca Al - Qur'an untuk khataman. Selesai khataman Al – Qur’an, bapak Achmad Syaifuddin, S.H.I selaku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti memimpin acara Istighosah dan Yasin yang diikuti siswa/siswi, serta bapak/ibu Dewan Guru. 

Selesai pembacaan Istighosah dan Yasin, bapak Achmad Syaifuddin, S.H.I juga memberikan ceramah agama kepada siswa/siswi tentang Isra Miraj dan Persiapan menyambut Ramadhan 1443 H/ 2022 M yang kurang 21 hari lagi.



Menurut penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bahwasannya tujuan dari kegiatan siang hari ini adalah Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad saw dan launching PPDB SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya Tahun 2022/2023. Dimana dalam kesempatan yang baik ini langsung dikibarkan spanduk PPDB 2022/2023. Semoga PPDB 2022/2023 SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya mendapatkan siswa/siswi yang banyak, berkah barokah selamanya.

Kegiatan Isra Miraj Nabi Muhammad saw di SMP PGRI 6 Surabaya diakhiri dengan pembagian Jum'at Berkah dari hasil yang dibawa oleh siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya berupa roti, buah, bahkan ada yang membawa nasi bungkus dari bapak/ibu Dewan Guru baik SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS Al-Ikhlas Surabaya.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya






Posting Komentar

0 Komentar