APENSO INDONESIA

header ads

Sosialisasi Penyampaian Juknis Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2021/2022

“Sosialisasi Penyampaian Juknis Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2021/2022“


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Sistem pendidikan harus mendorong tumbuhnya praktik pembelajaran yang menumbuhkan daya nalar dan karakter peserta didik secara utuh. 

Untuk mendorong praktik pembelajaran tersebut, satuan pendidikan diberikan keleluasaan untuk berinovasi dalam menciptakan lingkungan belajar yang berpihak pada peserta didik. 

Pengelolaan Sistem Pendidikan Nasional Indonesia pada saat ini telah mengalami berbagai perubahan yang sangat signifikan. Terutama selama masa Pandemi Covid-19. 

Dalam rangka menekan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) yang semakin meningkat, Kemdikbudristek melakukan langkah responsif yang mengutamakan keselamatan dan kesehatan lahir dan batin peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dengan menerbitkan Surat Edaran nomor 1 Tahun 2021, yang di antaranya memuat (1) Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan, (2) UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. 

Hal ini sejalan dengan terbitnya PP No. 57 Tahun 2021 yang menyebutkan bahwa evaluasi sistem pendidikan dilaksanakan dalam bentuk Asesmen Nasional dan analisis data Satuan Pendidikan, pendidik, tenaga kependidikan, dan Pemerintah Daerah. 

Implikasi dari Surat Edaran di atas adalah upaya perubahan dan penyempurnaan pengelolaan penyelenggaraan Pendidikan Nasional terhadap sistem penyelenggaraan ujian pada Satuan Pendidikan. 

Pelaksanaan US sejak tahun 2021 yang lalu akan dikembalikan ke pihak sekolah, dengan didasarkan pada Undang Undang Sisdiknas bahwa peserta didik akan dievaluasi oleh gurunya dan kelulusan ditentukan oleh satuan pendidikan. 

Satuan Pendidikan dapat menyelenggarakan ujian kelulusan peserta didik sesuai kurikulum yang telah ditetapkannya. Satuan Pendidikan diberi kebebasan menentukan bentuk dan format Ujian Sekolah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Agar penyelenggaraan US dapat dilaksanakan secara efektif, efisien, dan akuntabel, diperlukan Petunjuk Teknis Pelaksanaan yang mengacu pada regulasi yang berlaku. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Ujian Sekolah untuk SMP ini diterbitkan sebagai salah satu pedoman bagi sekolah di kota Surabaya dalam memahami dan menjabarkan peraturan penyelenggaraan US yang telah diatur oleh pemerintah. 

Sesuai dengan peraturan yang berlaku, penyelenggaraan US di SMP menjadi kewenangan sekolah masing-masing. Dalam hal ini Petunjuk Teknis Pelaksanaan Ujian Sekolah ini bersifat membantu menjabarkan peraturan tersebut secara lebih operasional. 

Dalam mempersiapkan Pelaksanaan Ujian Sekolah Dinas Pendidikan kota Surabaya bidang Sekolah Menengah melakukan gerakan cepat untuk mempersiapkan hal itu semua. Dimana pada hari Rabu, 16/3/2022 mengadakan Sosialisasi Penyampaian Juknis Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2021/2022 yang diadakan pukul 13.00 – 14.00 melalui Zoom Meeting dengan link Join : https://us02web.zoom.us/j/81211057958?pwd=N3R4UjFtL20xMHlXWUFvY0J4b1FhUT09 Meeting ID: 812 1105 7958 Passcode: Ujian.



Dalam kesempatan ini, Kepala SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Kepala Sekolah di Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir mengikuti pengarahan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Sekolah Menengah, ibu Tri Endang Kustianingsih, S.Pd., M.Pd. 



Penulis juga ditemani oleh ibu Mei Ratna Susanti, S.Si. selaku Wakasek Kurikulum di SMP PGRI 6 Surabaya. Penulis memperhatikan semua arahan dari narasumber sosialisasi tersebut.

Adapun kegiatan Ujian Sekolah Utama akan dilaksanakan pada hari Senin, 18 April 2022 sampai Senin, 25 April 2022. 

Setelah paparan dari Kepala Bidang, penulis akan mengagendakan Sosialisasi Kegiatan Ujian Sekolah ke Wali Murid agar dapat mengawasi cara belajar putra/putrinya, serta mengingat pelaksanaan Ujian Sekolah dilaksanakan di bulan Suci Ramadhan. Jangan sampai anak - anak terlelap tidur dan lupa bangun tepat waktu ketika pelaksanaan Ujian Sekolah.

Penulis berharap agar pelaksanaan Ujian Sekolah pada 18 April 2022 di SMP PGRI 6 Surabaya berjalan lancar tanpa halangan dan semua siswa/siswi kelas 9 ikut kegiatan Ujian Sekolah tanpa ada yang menyusul.

Dan sebelum mengakhiri kegiatan sosialisasi, penulis melakukan presensi melalui link https://bit.ly/DaftarHadirPenyampaianJuknisUjianSekolah.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya



Posting Komentar

0 Komentar