APENSO INDONESIA

header ads

SPEGRINAM SURABAYA PEMBIBITAN 1.000 LELE UNTUK KETAHANAN PANGAN

“SPEGRINAM SURABAYA PEMBIBITAN 1.000 LELE UNTUK KETAHANAN PANGAN“



Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com


Pembibitan merupakan kegiatan awal di lapangan yang bertujuan untuk mempersiapkan bibit siap tanam. Pembibitan harus disiapkan sekitar satu tahun sebelum penanaman di lapangan, agar bibit yang ditanam tersebut memenuhi syarat, baik umur maupun ukurannya. 

Ikan Lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sudah dibudidayakan secara luas oleh masyarakat terutama di Pulau Jawa. Ikan Lele termasuk ikan yang digemari oleh masyarakat, karena harganya murah serta rasanya yang lezat dan gurih. 

Selain cita rasanya yang enak, berkembang pesatnya budidaya Lele juga dikarenakan ikan Lele dapat dibudidayakan di lahan dan sumber air yang terbatas dengan padat tebar tinggi, teknologi budidaya relatif mudah dikuasai oleh masyarakat, pemasarannya relatif mudah dan modal usaha yang dibutuhkan relatif rendah terutama. 

Ikan Lele merupakan salah satu jenis ikan yang sanggup hidup dalam kepadatan tinggi. Ikan ini memiliki tingkat konversi pakan menjadi bobot tubuh yang baik. Dengan sifat seperti ini, budidaya ikan lele akan sangat menguntungkan bila dilakukan secara intensif. 

Terdapat dua segmen usaha budidaya ikan Lele, yaitu segmen pembenihan dan segmen pembesaran. Segmen pembenihan bertujuan untuk menghasilkan benih ikan Lele, sedangkan segmen pembesaran bertujuan untuk menghasilkan ikan Lele siap konsumsi.

Di SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Rabu, 2/3/2022 jak Syahrul, S.Pd selaku Pelatih Pramuka dan Panahan bersama dengan penulis mulai melakukan pembibitan Lele kembali.



Dalam kesempatan ini, bibit Lele yang dimasukan ke dalam kolam oleh kak Syahrul, S.Pd dan penulis sebanyak 1.000 ekor bibit Lele. Dimana kolam itu sudah dibersihkan oleh siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya pada hari Senin, 28/2/2022. 



Alhamdulilah, setelah 1.000 bibit Lele dimasukan langsung oleh kak Syahrul, S.Pd. Lele langsung diberikan makan oleh kak Syahrul, S.Pd.

Dalam kesempatan ini, penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya berharap agar 1.000 Lele tersebut bisa tumbuh besar dan kelak jika sudah besar bisa di panen bersama – sama dan dimakan secara bersama – sama Guru dan siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya. 

Di samping itu juga agar siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya bisa untuk ketahanan pangan. 
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya




Posting Komentar

0 Komentar