APENSO INDONESIA

header ads

AJAK DAN AJARKAN SISWA/SISWI SAMBUT RAMADHAN 1443H/2022 DENGAN RIANG GEMBIRA

AJAK DAN AJARKAN SISWA/SISWI SAMBUT RAMADHAN 1443H/2022M DENGAN RIANG GEMBIRA 


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Alhamdulillah sekarang kita berada kembali dalam bulan Ramadhan, bulan mulia. Kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah atas kesempatan yang Dia berikan sehingga kita kembali berada dalam Ramadhan, untuk berpuasa sebulan penuh, guna meningkatkan kualitas iman, kualitas ibadah, dan kualitas kehidupan kita secara umum. 

Puasa Ramadhan merupakan satu dari empat ibadah utama dalam Islam, satu dari lima rukun Islam. Perintah berpuasa dalam Ramadhan disebutkan di dalam Alquran dan di dalam hadis, karena itu semua umat sepakat bahwa puasa pada bulan Ramadhan wajib hukumnya. 

Ramadhan merupakan bulan istimewa dalam setahun karena ada beberapa kelebihan yang diberikan Allah yang tidak ditemukan pada bulan lain. 

Dua hadis sebagai contoh, yang dituturkan Abu Hurairah. Hadis pertama dirawikan oleh al-Bukhari, Muslim, Abu Daud, an-Nasa’i, at-Turmudzi, dan Ibnu Majah, disebutkan bahwa Rasulullah bersabda, barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena keimanan (imanan) dan mengharap keridhaan Allah (ihtisaban) akan diampuni dosa-dosa masa lalunya.

Hadis kedua, dirawikan oleh Muslim, an-Nasa`i, dan Ahmad, disebutkan bahwa Rasulullah bersabda, Puasa merupakan perisai (benteng). Seandainya ada yang mengajaknya berkelahi atau mencaci, hendaklah dia jawab, “saya sedang puasa” (kalau perlu sampai dua kali). Demi Zat yang diri Muhammad ada dalam kekuasaannya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum dari bau kesturi di sisi Allah di hari kiamat nanti. Orang yang berpuasa akan memperoleh dua kegembiraan. Ketika berbuka dia gembira karena telah berbuka, dan ketika bertemu Tuhannya di hari kiamat dia gembira karena telah berpuasa.

Dalam riwayat al-Bukhari, Abu Daud, Ibnu Majah,dan al-Baihaqi, ujung hadis tersebut menggunakan redaksi yang berbeda, Demi Zat yang diri Muhammad ada dalam kekuasaannya, sungguh bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum dari bau kesturi di sisi Allah. 

Ditinggalkannya makan, minum dan nafsu syahwatnya karena Aku, Puasa itu untuk Ku. Aku akan memberinya ganjaran. Setiap kebajikan akan diberi ganjaran sepuluh kali lipat. 

Dari hadis yang dikutip di atas (dan ayat-ayat tentang puasa yang tidak dikutip), dapat disimpulkan bahwa orang yang berpuasa karena iman dan karena patuh kepada Allah, akan mendapat dua keutamaan.

Dalam menyambut bulan Suci Ramadhan 1443 H/2022M SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir dimana seluruh siswa/siswi memasang twibbon melalui link : https://www.twibbonize.com/ramadhansmppgri6.

Dimana seluruh siswa/siswi dan bapak/ibu Dewan Guru sangat antusias dalam menyambut Ramadhan 1443H/2022M, sehingga mereka mengirimkan Twibbonize masing-masing tersebut.

Menurut penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyemarakan dalam menyambut bulan Suci Ramadhan 1443H/2022M.

Penulis berharap agar siswa/siswi baik SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS Al-Ikhlas Surabaya bisa terus berprestasi dan berkarya selama bulan Suci Ramadhan agar mereka menjadi Generasi Emas Unggul dan Berkarakter.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya









Posting Komentar

0 Komentar