APENSO INDONESIA

header ads

AJAK DAN AJARKAN SISWA/SISWI SMP PGRI 6 PERMAINAN TRADISIONAL BENTENG – BENTENGAN

“AJAK DAN AJARKAN SISWA/SISWI SMP PGRI 6 PERMAINAN TRADISIONAL BENTENG – BENTENGAN“


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com


Permainan tradisional adalah permainan turun temurun dari nenek moyang yang umumnya dimainkan anak-anak. Sebagai negara yang kaya akan budaya, Indonesia ada banyak sekali permainan tradisional. Bisa dikatakan bahwa di setiap daerah mempunyai permainan tradisional yang menjadi ciri khas daerah tersebut atau biasa kita kenal dengan istilah kearifan lokal.

Namun dengan kehadiran teknologi membuat warisan berharga ini mulai pudar. Bisa kita lihat bahwa anak-anak sekarang lebih mengenal game online dan sangat disayangkan ada yang tidak mengenal permainan khas daerahnya sendiri. 

Dalam rangka mengenalkan permainan tradisional kepada peserta didik pada hari Sabtu, 2/4/2022 kak Syahrul, S.Pd selaku pelatih pramuka dan pelatih panahan mengajak siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir diajarkan oleh kak Syahrul, S.Pd yaitu permainan benteng – bentengan. 

Dimana seluruh siswa/siswi sangat antusias dalam permainan tersebut. Menurut kak Syahrul, S.Pd bahwa tujuan dari permainan ini adalah untuk melatih kekompakan dari para siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya tersebut.

Kegiatan ini dilakukan 1 hari sebelum ibadah Ramadhan. Mereka diajak untuk bersuka ria bersama.

Penulis berharap mereka tidak melupakan permainan tradisional karena permainan tersebut perlu dilestarikan agar jangan sampai anak - anak generasi kita sudah lupa dengan permainan tradisional mereka karena memilih permainan modern, seperti Mobile Lagend. Ini yang penulis hindari agar mereka Generasi Emas Bangsa Indonesia bisa mengenal permainan tradisional.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya






Posting Komentar

0 Komentar