APENSO INDONESIA

header ads

Bersama UNIKA Widya Mandala dan Guru SMP Swasta Surabaya Siap Dukung Program Sekolah Penggerak (PSP) dan Kurikulum Merdeka (KM) Beserta Komponennya Serta Pembelajaran Paradigma Baru (PPB)

Bersama UNIKA Widya Mandala dan Guru SMP Swasta Surabaya Siap Dukung Program Sekolah Penggerak (PSP) dan Kurikulum Merdeka (KM) Beserta Komponennya Serta Pembelajaran Paradigma Baru (PPB)

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Bahan ajar Kurikulum Merdeka, meliputi buku teks pelajaran, modul ajar, modul projek penguatan profil pelajar Pancasila, contoh-contoh kurikulum operasional satuan pendidikan, video pembelajaran, serta bentuk lainnya. 

Pendidik dapat menggunakan beragam perangkat ajar dari berbagai sumber. Perangkat ajar dapat langsung digunakan pendidik untuk mengajar atau pun sebagai referensi atau inspirasi dalam merancang pembelajaran. 

Contoh bahan ajar yang disediakan oleh Pemerintah dalam Kurikulum Merdeka adalah sebagai berikut :
1. Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Modul projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan dokumen yang berisi tujuan, langkah, media pembelajaran, dan asesmen yang dibutuhkan untuk melaksanakan suatu projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Pendidik memiliki keleluasaan untuk membuat sendiri, memilih, dan memodifikasi modul projek yang tersedia sesuai dengan konteks, karakteristik, serta kebutuhan peserta didik. 

Pemerintah menyediakan contoh-contoh modul projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dapat dijadikan inspirasi untuk satuan pendidikan. Satuan pendidikan dan pendidik dapat mengembangkan modul projek sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik, memodifikasi, dan/atau menggunakan modul projek yang disediakan Pemerintah sesuai dengan karakteristik daerah, satuan pendidik, dan peserta didik.

2. Modul Ajar
Modul ajar merupakan dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran. Pendidik memiliki keleluasaan untuk membuat sendiri, memilih, dan memodifikasi modul ajar yang tersedia sesuai dengan konteks, karakteristik, serta kebutuhan peserta didik. 

Pemerintah menyediakan contoh-contoh modul ajar yang dapat dijadikan inspirasi untuk satuan pendidikan. Satuan pendidikan dan pendidik dapat mengembangkan modul ajar sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik, memodifikasi, dan/atau menggunakan modul ajar yang disediakan Pemerintah sesuai dengan karakteristik daerah, satuan pendidik, dan peserta didik. 

Oleh karena itu pendidik yang menggunakan modul ajar yang disediakan Pemerintah tidak perlu lagi menyusun perencanaan pembelajaran/RPP/modul ajar. Ketentuan lebih lanjut mengenai alur dan tujuan pembelajaran serta pengembangan modul ajar diatur dalam panduan yang ditetapkan oleh pemimpin unit utama yang membidangi kurikulum, asesmen, dan perbukuan.

Wawasan Konseptual tentang Sekolah Penggerak dan Kurikulum Merdeka serta Komponennya dan Kompetensi Guru dan Kepala Sekolah serta Paradigma Pembelajaran baru yang harus diketahui oleh pendidik di Indonesia khususnya di SMP Swasta Surabaya Utara. Makanya pada hari Sabtu, 23/4/2022 MKKS SMP Swasta Surabaya Utara bekerja sama dengan UNIKA Widya Mandala Surabaya mengadakan Pendampingan Penyusunan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka yang dilaksanakan secara daring melalui link Join Zoom Meeting
https://us02web.zoom.us/j/83424420514?pwd=V0k1clFnZnJOdEUwM2U0MTl6Z3VVdz09 Meeting ID: 834 2442 0514
Passcode: PKMFKIP22.

Dimana kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 23 April 2022 sampai 18 Juni 2022. Pada pembukaan hari pertama, penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir sekaligus Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara menghaturkan banyak terima kasih kepada UNIKA Widya Mandala atas atensi-nya kepada SMP Swasta Surabaya Utara mulai Pelatihan Lab IPA, Pelatihan Guru BK dan WAKA Kesiswaan, dan Pendampingan Penyusunan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka SMP Swasta Surabaya Utara. 

Dalam kesempatan ini, penulis menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah menyiapkan SMP Swasta Surabaya Utara dalam Tahun Ajaran Baru 2022/2023 agar siap dengan Kurikulum Merdeka pada saat mengajar peserta didiknya. 

Yang terakhir penulis juga meminta kepada bapak/ibu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan Guru SMP Swasta Surabaya Utara agar jangan merasa kegiatan ini menjadi beban, tetapi anggap semua ini sebagai ibadah dan berikan senyuman, sehingga tidak merasa terbebani bagi Guru dengan kegiatan ini.



Sebelum memulai materi pihak panitia FKIP UNIKA Widya Mandala mengadakan pre-test untuk mengetahui tentang Kurikulum Merdeka. Dimana bapak/ibu Kepala Sekolah, Kurikulum dan Guru mengerjakan pre-test melalui link : https://tinyurl.com/mppst6v8. Peserta diberikan kesempatan waktu 30 menit untuk mengerjakan pre-test tersebut.

Selesai materi pre-test, materi selanjutnya yaitu materi yang disampaikan oleh Dr. V Luluk Priyambodo, M.Pd. Materi yang disampaikan yaitu tentang Program Sekolah Penggerak (PSP) dan Kurikulum Merdeka (KM) beserta Komponennya (SKL, SI, Capaian Pembelajaran, Asesmen, Perangkat Ajar) dan Kompetensi Guru & Kepala Sekolah). 

Alhamdulilah paparan dari Dr. V Luluk Priyambodo, M.Pd tidak membuat 145 peserta yang tergabung dalam room zoom tersebut untuk keluar dari Zoom Meeting. Peserta malah sangat aktif dalam mengikuti kegiatan tersebut, banyak yang bertanya kepada bapak Dr V Luluk Priyambodo, M.Pd.



Selanjutnya, materi yang kedua yaitu Pembelajaran Paradigma Baru (PPB) yang disampaikan oleh Dr. Ig. Harjanto. Dimana tujuan dari kegiatan ini adalah peserta memahami substansi esensial PPB.

Penulis berharap semoga SMP Swasta Surabaya pada Tahun Pelajaran 2022-2023 siap mendukung dan menggunakan Kurikulum Merdeka yang telah diterapkan oleh Pemerintah, serta semoga Pelaksanaan PPDB 2022-2023 SMP Swasta Surabaya Utara mendapatkan siswa/siswi yang banyak , berkah barokah selamanya, serta bapak/ibu Guru WAKA Kurikulum diberikan kesehatan untuk terus menimba ilmu demi kemajuan SMP Swasta Surabaya Utara.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya




Posting Komentar

0 Komentar