APENSO INDONESIA

header ads

BUKA BERSAMA DENGAN SAHABAT MENIKMATI SEGELAS KOPI DI CAFFE MUSIUM KERETA API DI KALASAN

“BUKA BERSAMA DENGAN SAHABAT MENIKMATI SEGELAS KOPI DI CAFFE MUSIUM KERETA API DI KALASAN”


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Bukber alias 'buka bersama' jadi agenda banyak orang saat bulan puasa. Mereka bakal bertemu keluarga, teman lama, atau kerabat kerja untuk menikmati hidangan bersama saat azan magrib berkumandang. 

Buka puasa bersama seolah sudah menjadi tradisi sebagian besar orang Indonesia. Rasanya tak lengkap melewati hari-hari di bulan Ramadan, terutama saat akhir pekan, tanpa mengadakan atau menghadiri acara bukber. 

Acara ini juga bisa menjadi ajang reuni atau temu kangen dengan keluarga, teman, atau kerabat yang sudah lama tidak berjumpa. Poin plusnya, suasana bakal terasa lebih hangat karena bisa berbincang sambil berbuka puasa. 

Bahwa tradisi bukber di Indonesia merupakan wujud pertemuan antara budaya ketimuran dengan ajaran Islam. Seperti diketahui, dalam Islam ada hadis yang berbunyi : "Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga." 

Ajaran Islam ini kemudian bertemu dengan budaya ketimuran yang kolektif dimana orang Indonesia memang senang kumpul-kumpul dari dulu, bahkan sebelum Islam masuk ke Indonesia. 

Terlepas dari adanya bulan suci Ramadan atau tidak, kita melihat masyarakat kita ketika sudah berdiskusi panjang di media sosial, lalu 'yuk ketemuan yuk'. Itu menunjukkan ciri dari masyarakat komunal.

Pada hari Minggu, 10/4/2022 penulis selaku Kepala SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir bersama sahabat yaitu Syahrul, S.Pd selaku Kepala SMP Kemala Bhayangkari 6 Surabaya buka puasa di daerah Kalasan. 

Dimana penulis membeli minuman cappucino, sedangkan kak Syahrul, S.Pd membeli minuman kopi toraja sambil makan pohong keju.

Sebelum makan, penulis dan kak Syahrul, S.Pd naik kereta yang ada di Caffe tersebut. Caffe ini memang berada di perumahan PT. Kereta Api Indonesia. 

Sambil menikmati udara malam dan ngopi bersama sahabat serasa nikmat. Apalagi ada alunan musik yang menemani untuk ngobrol santai di bulan Ramadhan tersebut.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya








Posting Komentar

0 Komentar