APENSO INDONESIA

header ads

INDAHNYA BERBAGI SERAGAM & PERLENGKAPAN SEKOLAH DI BULAN SUCI RAMADHAN

“INDAHNYA BERBAGI SERAGAM & PERLENGKAPAN SEKOLAH DI BULAN
SUCI RAMADHAN“

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Ramadhan selain dikenal sebagai Syahru Shiyam, Syahru Qiyam, dan Syahru Qur’an, juga dikenal sebagai Syahru Muwasah (bulan bersimpati dan menolong) kepada fakir miskin dengan berbagi dan bersedekah.

Bersedekah termasuk salah satu dari amal utama di bulan yang sangat mulia ini dan memiliki keistimewaan dan kelebihan. Hal ini dapat menjadi motivasi bagi seorang muslim agar menjadi lebih dermawan.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam adalah manusia paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan ketika di bulan Ramadhan. Beliau bersabda, “Shadaqah yang paling utama adalah shadaqah pada bulan Ramadhan.” (HR. al-Tirmidzi dari Anas).

Ramadhan juga identik dengan Zakat Fitrah. Tidaklah seseorang dianggap sempurna puasanya sehingga melengkapinya dengan Zakat Fitrah. Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mewajibkan zakat fitrah untuk mensucikan orang yang berpuasa dari bersenda gurau dan kata-kata keji, dan juga untuk memberi makan orang miskin. 

Barangsiapa yang menunaikannya sebelum shalat (idul-fitri) maka zakatnya (fitrahnya) diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah shalat maka itu hanya sedekah diantara berbagai sedekah (HR. Abu Daud).

Melalui hadits tersebut Rasulullah seolah ingin menekankan kepada kita akan pentingnya Zakat Fitrah yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari puasa Ramadhan. Dengan demikian kesalehan individual melalui puasa perlu dilengkapi dengan kesalehan sosial melalui sedekah dan Zakat Fitrah.

Di Ramadhan yang ke – 24 SDS Al-Ikhlas Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Selasa, 26/4/2022 membagikan seragam serta perlengkapan sekolah kepada 9 siswa dari SDS Al-Ikhlas Surabaya di antaranya Fahmi, M. Faris Al farisi, M. Farhan Ibrahim, Novan Fater Jelani, Andika Pratama, Nur Fadhilah, Haidar Mustofa,  Syabila Ini, Vicky Ramadani Putra.



Dalam sambutannya, penulis yang juga Sekretaris Yayasan Pendidikan Al – Ikhlas Semampir menyampaikan bahwa seragam tersebut sekiranya dapat digunakan untuk kegiatan Tahun Ajaran Baru Bulan Juli 2022 nanti.

Dimana harapannya Tahun Ajaran Baru Juli 2022 Orang tua tidak perlu repot - repot membelikan seragam buat putra/putrinya. Dimana uangnya bisa ditabung digunakan untuk keperluan yang lain.

Di samping itu, penulis juga berharap agar bapak/ibu Orang tua Wali murid memperhatikan cara belajar putra/putrinya, serta Prestasinya. Jangan terlalu di manja, ajak putra/putrinya untuk terus berkarya melalui kegiatan extra yang ada di Sekolah seperti Pramuka, Drumband dan lain - lain agar tumbuh menjadi putra/putri yang hebat dan menjadi Generasi Emas Unggul dan Berkarakter. Apalagi di bulan Ramadhan semoga seragam yang diberikan bisa membawa keberkahan dan bermanfaat.

#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya







Posting Komentar

0 Komentar