APENSO INDONESIA

header ads

INDAHNYA DAN NIKMATNYA BERBAGI NASI BUNGKUS DI JUM’AT BERKAH SEBELUM RAMADHAN 1443 H/2022 TIBA

“INDAHNYA DAN NIKMATNYA BERBAGI NASI BUNGKUS DI JUM’AT BERKAH SEBELUM RAMADHAN 1443 H/2022 TIBA“


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com


KEBANYAKAN orang cinta akan harta, hampir semua orang menyukai uang. Uang inilah penyebab seseorang dapat selamat dunia akherat atau bisa juga celaka atau binasa, Allah pasti akan memperlihatkannya baik di dunia maupun di akherat.

Kebinasaan bagi mereka dapat ditunjukkan oleh Allah bisa dengan berbagai cara yang bisa saja mereka tidak menyadarinya, seperti hartanya tidak memberikan kebahagiaan dan ketenangan pada jiwanya, hasrat untuk memiliki harta berlebih tidak pernah habisnya, dikasih 1 minta 2, dikasih 2 minta 3 dan seterusnya.

Hartanya habis oleh hal-hal yang mengandung pekerjaan sia-sia, hartanya tidak pernah dinikmati sebagaimana orang-orang pada umumnya. 

Azab dunia bagi mereka bisa Allah tunjukkan melalui sakit yang berkepanjangan tidak pernah kunjung sembuh sehingga hartanya habis untuk berobat.

Rumah tangganya yang berantakan (broken home) karena keluarganya hanya beorientasi pada kehidupan duniawi semata. Hartanya akan semakin menjauhkan dirinya bertakwa kepada Allah SWT. Bahkan akan membawa kerusakan kepada dirinya dan orang lain, sebagaimana Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
مَا ذِئْبَانِ جَائِعَانِ أُرْسِلاَ فِى غَنَمٍ بِأَفْسَدَ لَهَا مِنْ حِرْصِ الْمَرْءِ عَلَى الْمَالِ وَالشَّرَفِ لِدِينِهِ

Artinya: "Kerusakan pada sekawanan kambing akibat dua srigala lapar yang dilepaskan padanya tidak lebih parah dibandingkan kerusakan pada agama seseorang akibat kerakusannya terhadap harta dan kemuliaan". 

Saat ini sudah nampak di depan kita, bahwa kerusakan dimana-mana akibat korupsi merajalela dan cara-cara lain yang melanggar nilai-nilai agama diterabasnya dalam rangka memperoleh harta dan kedudukan (kemuliaan dihadapan manusia). 

Masih ada waktu untuk memperoleh kasih sayang dan meningkatkan keimanan serta memperbaiki tauhid kepada Allah, manakala seorang muslim beritikaf di masjid, meningkatkan ibadah baik sunnah maupun wajibnya ditambah memperbanyak pekerjaan amal sholeh, hal ini merupakan cara-cara yang dianjurkan untuk memperoleh kemuliaan.

Sebelum memulai pelaksanaan Ramadhan 1443 H/2022 M SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir untuk menutup rangkaian kegiatan sebelum pelaksanaan Ibadah Puasa Ramadhan 1443 H/2022 M pada hari Jum’at, 1/4/2022 siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya seperti biasa mereka melakukan kegiatan Jum’at berkah dengan pembagian Nasi Bungkus yang dibagikan kepada pengendara yang lewat di daerah sekitar sekolah dari hasil siswa/siswi yang sudah membawa.



Dalam kesempatan ini, penulis menyampaikan bahwa kegiatan pembagian Nasi Bungkus ini adalah kegiatan rutinitas di SMP PGRI 6 Surabaya. Apalagi kegiatan ini penutup untuk menyambut Ramadhan 1443 H/2022 M.

Penulis berharap semoga sumbangan Jum’at Berkah mereka bisa diterima Allah, serta semoga siswa/siswi dan bapak/ibu Guru lancar ibadah puasanya selama 30 hari tersebut, serta semoga siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya semua kelak menjadi Generasi Emas Unggul dan Berkarakter. 
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya



Posting Komentar

0 Komentar