APENSO INDONESIA

header ads

KEGIATAN SOSIALISASI UJIAN SATUAN PENDIDIKAN DAN PEMBAGIAN RAPOT SISIPAN DI SMP PGRI 6 SURABAYA DAN SDS AL-IKHLAS

“KEGIATAN SOSIALISASI UJIAN SATUAN PENDIDIKAN DAN PEMBAGIAN RAPOT SISIPAN DI SMP PGRI 6 SURABAYA DAN SDS AL-IKHLAS”


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya untuk mengadakan Ujian Satuan Pendidikan (USP) yang dimulai tanggal 18-25 April 2022 maka Kepala SMP PGRI 6 Surabaya mengadakan Ujian Satuan Pendidikan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. 

Ujian Satuan Pendidikan (USP) pada saat ini di ikuti oleh 33 peserta didik dengan kelas 9 karena belum ada fasilitas gedung untuk melaksanakan Ujian Satuan Pendidikan (USP) ini maka kegiatan ujian ini diadakan di SMP PGRI 6 Surabaya..

Kepala sekolah berharap kepada pemerintah untuk membangun gedung dan fasilitas sekolah yang memadai agar bisa mencapai tujuan standar kelulusan yang memadai. 

Pelaksanaan Ujian Satuan Pendidikan (USP) merupakan cara terbatas untuk mengukur kemampuan seseorang. Pelaksanaan ujian dimaksudkan untuk mengukur pengetahuan seseorang atau peserta didik. 

Ujian juga dijadikan sebagai alat evaluasi untuk menilai berapa jauh pengetahuan sudah dikuasai dan ketrampilan yang sudah diperoleh. Ujian dapat mendorong seseorang dalam kegiatan pembelajaran baik itu secara wawasan atau pun pengetahuan lainnya. 

Ujian Satuan Pendidikan ini masih menggunakan kertas yang bertujuan untuk penilaian pencapaian kemampuan dengan standar lulusan secara Nasional pada pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dalam menyamakan presepsi antara Sekolah dengan Wali murid dalam menghadapi Ujian Satuan Pendidikan baik SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS Al-Ikhlas Surabaya pada hari Jum’at, 1/4/2022 sebagai Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir mengadakan kegiatan Sosialisasi Ujian Satuan Pendidikan bagi siswa kelas 9 dan kelas 6, serta pembagian raport sisipan Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022.



Dalam kesempatan ini, penulis menyampaikan kepada Wali murid bahwasannya untuk Ujian Satuan Pendidikan di mulai hari Senin, 18 April 2022 sampai 25 April 2022. Dimana 7 macam bentuk soal yang bisa diujikan dalam Ujian Sekolah, yaitu :
a. Benar/Salah
b. Menjodohkan
c. Pilihan Ganda
d. Pilihan Ganda kompleks
e. Pilihan Ganda dengan alasan
f. Jawaban singkat
g. Uraian 

Penulis selaku Kepala SMP PGRI 6 Surabaya meminta agar Wali murid mengawasi kesehatan dan cara belajar putra/putrinya. Apalagi pada saat Ujian Satuan Pendidikan dilaksanakan di bulan Suci Ramadhan 1443 H/2022 M, jangan sampai putra/putrinya tidak hadir pada saat pelaksanaan Ujian Satuan Pendidikan tersebut.

Di akhir penutup, penulis juga menyampaikan kepada Wali murid baik SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS Al-Ikhlas Surabaya bahwasannya untuk kenaikan kelas tidak menggunakan soal, tapi menggunakan unjuk gelas/unjuk karya.

Dimana pelaksanaan awal Juni 2022. Penulis meminta Wali murid untuk mempersiapkan putra/putrinya dalam unjuk gelar tersebut. Di samping itu, penulis juga meminta kepada Wali murid mungkin ada saudara, tetangga yang lulusan kelas 6 SD/MI bisa diajak daftar ke SMP PGRI 6 Surabaya dan bagi yang lulusan TK bisa didaftarkan kelas 1 di SDS Al-Ikhlas Surabaya. Penulis menyampaikan bahwa SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya sudah sangat teruji dengan segudang prestasi yang dimiliki.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya



Posting Komentar

0 Komentar