APENSO INDONESIA

header ads

KEMITRAAN ANTARA SMP PGRI 6 SURABAYA DENGAN SMK PELAYARAN INDO BARUNA SURABAYA

KEMITRAAN ANTARA SMP PGRI 6 SURABAYA
DENGAN SMK PELAYARAN INDO BARUNA SURABAYA

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Partnership atau kemitraan adalah suatu jenis bisnis yang mana terdapat suatu perjanjian formal yang terjadi di antara dua orang atau lebih yang dibuat dan juga disepakati untuk bisa menjadi rekan pemilik, saling melakukan pendistribusian tanggung jawab untuk bisa menjalankan organisasi dan berbagai pendapatan ataupun kerugian yang terjadi di dalam bisnis. 

Untuk di indonesia sendiri, seluruh aspek terkait kemitraan ini sudah diatur di bawah ‘PP 17/2013’. Secara khusus, peraturan ini menjelaskan bahwa kemitraan adalah hubungan yang dijalin antara dua atau lebih orang ataupun institusi yang sudah menerima untuk bisa saling berbagi keuntungan yang diperoleh dari bisnis di bawah pengawasan seluruh anggota ataupun nama anggota lain.

Sedangkan berdasarkan KPPU.GO.ID kemitraan adalah suatu kerjasama di dalam keterkaitan usaha secara langsung ataupun tidak langsung, atas dasar saling percaya, membutuhkan, memperkuat dan menguntungkan yang melibatkan para pebisnis UMKM ataupun pebisnis besar.

Selain itu, laman resmi Investopedia juga menjelaskan bahwa kemitraan adalah suatu perjanjian formal yang dilakukan antar kedua belah pihak atau lebih untuk bisa mengurus suatu bisnis dan membagi keuntungannya.

Hal tersebut tentunya berbeda dengan joint venture yang dilakukan oleh dua perusahaan oleh lebih, karena kemitraan hanya berlaku untuk gabungan antar perorangan saja.

Saat ini, sudah banyak sekali jenis kemitraan, namun jenis kemitraan yang paling banyak adalah kemitraan yang dilakukan secara bersama, menjalankan tugas secara merata, dan memperoleh keuntungan yang sama. Walaupun begitu, masih ada juga kemitraan yang menjadikan salah satu pihaknya sebagai “silent partner”, sehingga pihak yang lain tidak perlu ikut campur dalam kegiatan operasional sehari-hari.

Kemitraan sangat diperlukan dalam kehidupan seperti saat ini, seperti yang dilakukan di SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Jum’at, 22/4/2022 kedatangan tamu dari SMK Pelayaran Indo Baruna Surabaya. 



Rombongan dari SMK Pelayaran Indo Baruna Surabaya datang pada pukul 07.00. Dimana kedatangan mereka yaitu melakukan presentasi di peserta didik kelas 9 SMP PGRI 6 Surabaya.

Dalam kesempatan tersebut, penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya ikut mendampingi dari SMK Pelayaran Indo Baruna Surabaya di ruangan kelas 9.

Menurut penulis, kegiatan ini dilakukan sebelum pelaksanaan Ujian Satuan Pendidikan kelas 9. Dimana pada hari itu hanya 1 mata pelajaran yaitu Matematika. Makanya hari itu sebelum ujian dilakukan presentasi dari SMK Pelayaran Indo Baruna Surabaya. Kegiatan ini juga sebagai bentuk kemitraan antara SMK Pelayaran Indo Baruna Surabaya dengan SMP PGRI 6 Surabaya.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya






Posting Komentar

0 Komentar