APENSO INDONESIA

header ads

SMP PGRI 6 SURABAYA AJAK SISWA MELAKUKAN KEGIATAN PEMBIASAAN DENGAN ISTIQOMAH SETIAP HARI

“SMP PGRI 6 SURABAYA AJAK SISWA MELAKUKAN KEGIATAN PEMBIASAAN DENGAN ISTIQOMAH SETIAP HARI“


Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Pembiasaan merupakan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus dalam kehidupan sehari-hari anak sehingga menjadi kebiasaan yang baik. Pembiasaan ini meliputi aspek perkembangan moral, nilai-nilai agama, akhlak, pengembangan sosio emosional dan kemandirian. 

Pembiasaan positif yang sejak dini sangat memberikan pengaruh positif pula pada masa yang akan datang. Pembiasaan dapat diartikan sebagai sebuah metode dalam pendidikan berupa proses penanaman kebiasaan. Inti dari pembiasaan ialah pengulangan. Jika guru setiap masuk kelas mengucapkan salam, ini dapat diartikan sebagai usaha membiasakan.

Metode pembiasaan sebagai bentuk pendidikan yang dilakukan secara bertahap dan menjadikan pembiasaan itu sebagai teknik pendidikan yang dilakukan dengan membiasakan sifat-sifat baik sebagai rutinitas. Hasil yang dilakukan dari pembiasaan adalah terciptanya suatu kebiasaan anak didiknya. 

Dari beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa tujuan diadakannya pembiasaan di sekolah adalah untuk melatih serta membiasakan peserta didik konsisten dengan sebuah tujuan, sehingga benar-benar tertanam pada diri anak dan akhirnya menjadi kebiasaan yang sulit ditinggalkan dikemudian hari.

SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya adalah Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir. Dalam menumbuhkan Penguatan Karakter,  banyak sekali pembiasaan yang dilakukan di SMP PGRI 6 dan SDS Al-Ikhlas, seperti pada hari Senin melakukan upacara rutin. Dimana yang menjadi petugas upacara adalah peserta didik baik SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS Al-Ikhlas Surabaya.

Selain itu, pada hari Selasa – Rabu melakukan kegiatan Ngaji Morning jam 6.30 di lapangan. Setelah itu, pada hari Kamis- Jum'at terdapat Ngaji Morning untuk pembacaan Istighosah dan Yasin, serta setiap Jum'at melakukan kegiatan Jum’at Berkah untuk pembagian nasi bungkus yang dibagikan kepada masyarakat yang tidak mampu.

Menurut penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bahwasannya kegiatan pembiasaan yang dilakukan di Sekolah mengajarkan siswa/siswi-nya untuk selalu istiqomah dalam menjalankan kegiatan tersebut. Kegiatan itu untuk menumbuhkan karakter siswa/siswi agar tumbuh menjadi Generasi Emas Unggul dan Berkarakter.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya







Posting Komentar

0 Komentar