APENSO INDONESIA

header ads

TANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER SEJAK DINI UNTUK MENCETAK GENERASI EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER

“TANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER SEJAK DINI UNTUK MENCETAK GENERASI EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER“

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com


Pelajaran Karakter ini perlu diajarkan dan diterapkan dalam hidup seseorang karena begitu pentingnya karakter. Oleh sebab itu, setiap orang perlu membangun karakter yang baik dalam hidupnya, karena keberhasilan ditentukan oleh sebuah karakter yang baik. 

Character Building (membangun karakter) Sebuah kualitas hidup yang membuat seseorang berbeda dengan orang lain. Kualitas yang dimaksud adalah : mutu, bobot atau nilai tambah hidup seseorang. 

Berbeda yang dimaksud adalah : cara hidup seseorang yang berubah. Sedangkan karakter itu sendiri adalah : sifat, tindakan dan perkataan seseorang. Jadi, karakter itu bukan hanya sebuah perkataan, tapi yang terpenting adalah sebuah tindakan untuk mau berubah. Karakter yang baik itu sendiri adalah sebuah teladan (menjadi contoh).

Karakter yang baik adalah : 
1. Motivasi dari dalam untuk melakukan apa yang benar, walaupun kita suka atau tidak suka untuk melakukannya dalam segala situasi. 
2. Semua orang dapat memiliki karakter yang baik; semua umur, kedudukan/jabatan, ras, ekonomi. 
3. Selalu bersumber dari dalam hati.

Membangun karakter dengan siswa mampu/dapat membiasakan diri untuk memiliki sikap/ karakter penuh perhatian terhadap : pelajaran kampus, tugas-tugas harian, pakaian, tempat tidur, pekerjaan di rumah, bersikap untuk menghormati dosen, orang tua dan sesama dan dapat mengatur (disiplin) waktu secara efesien untuk menjadi berhasil. 

Dalam mencetak karakter dari peserta didik serta mencegah bullying di kalangan SMP Swasta Surabaya Utara, pada hari Sabtu, 23/4/2022 sebanyak 40 Guru BK dan 40 Waka Kesiswaan nengikuti Pelatihan Teknik Pendampingan Siswa dan Teknik Konseling yang diadakan secara daring (on line) melalui link Join Zoom Meeting
https://us06web.zoom.us/j/89731405163?pwd=dk4wWXFZaCsvUWNXUFJyOHFhWVF6UT09 Meeting ID: 897 3140 5163 Passcode: 644018.



Pada kegiatan Pelatihan Teknik Pendampingan Siswa dan Teknik Konseling dimana materi yang disampaikan peserta pelatihan adalah tentang Character Bulding dan Bullying. Dimana materi itu sangat cocok dengan Kurikulum Merdeka tentang Profil Pelajar Pancasila yang diterapkan oleh Kementerian Pendidikan Ristek.

Penulis berharap agar 40 Guru BK dan 40 Waka Kesiswaan SMP Swasta Surabaya Utara bisa membangun karakter siswa dengan sebaik – baiknya, serta penulis berharap agar sudah tidak ada lagi bulliying yang ada di Sekolah. Mari kita jadikan SMP Swasta Surabaya Utara menjadi Sekolah yang hebat dan Sekolah yang mencetak Generasi Emas Unggul dan Berkarakter.

Sebelum mengakhiri kegiatan, para Guru BK dan Waka Kesiswaan dapat mengisi presensi melalui link https://bit.ly/3rG6ibW.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya




Posting Komentar

0 Komentar