APENSO INDONESIA

header ads

Webinar Manajemen Kelas Dan Cara Jitu Hadapi Siswa Nakal Untuk Menjadi Generasi Emas

“Webinar Manajemen Kelas Dan Cara Jitu
Hadapi Siswa Nakal Untuk Menjadi Generasi Emas”

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Manajemen kelas adalah ketentuan dan prosedur yang diperlukan guna menciptakan dan memelihara lingkungan tempat terjadi kegiatan belajar dan mengajar. Manajemen kelas juga dapat diartikan sebagai perangkat perilaku dan kegiatan guru yang diarahkan untuk menarik perilaku siswa yang wajar, pantas, dan layak serta usaha dalam meminimalkan gangguan.

Tujuan pengelolaan kelas pada hakikatnya telah terkandung dalam tujuan pendidikan. Secara umum tujuan pengelolaan kelas adalah penyediaan fasilitas bagi bermacam-macam kegiatan belajar siswa dalam lingkungan sosial, emosional, dan intelektual dalam kelas. 

Fasilitas yang disediakan itu memungkinkan siswa belajar dan bekerja, terciptanya suasana sosial yang memberikan kepuasan, suasana disiplin, perkembangan intelektual, emosional dan sikap serta apresiasi pada siswa.

Dalam manajemen kelas terdapat beberapa prinsip yang harus diperhatikan sebagai prasyarat menciptakan satu model pembelajaran yang efektif dan efisien, yaitu Prinsip Kesiapan (Readiness), Prinsip Motivasi (Motivation), Prinsip Perhatian, Prinsip Perseps, Prinsip Retensi, Prinsip Transfer.

Permasalahan-permasalahan dalam manajemen kelas:
a. Masalah yang disebabkan oleh guru, yaitu :
   - guru membiarkan peserta didik berbuat salah
   - guru lebih mementingkan materi daripada peserta didik
   - guru kurang menghargai peserta didik
   - guru kurang memiliki rasa humor
   - guru mempermalukan siswa
   - guru gagal menjelaskan tujuan pelajaran pada siswa
   - guru tidak memahami perbedaan individu
   - guru berbicara tidak jelas
   - guru memberi tugas yang terlalu berat dan kompleks
   - guru tidak memberikan umpan balik terhadap siswa

b. Masalah yang disebabkan oleh peserta didik, yaitu :
   - siswa yang terlalu mencari perhatian
   - siswa yang sakit
   - siswa yang tidak mengerjakan pekerjaan rumah
   - siswa yang pesimis daan kurang motivasi belajar

c. Masalah yang disebabkan oleh lingkungan, yaitu :
   - lingkungan rumah/keluarga
   - lingkungan tempat tinggal
   - lingkungan sekolah
   - situasi sekolah

Saat ini kenakalan remaja-remaja sudah sangat membuat kita geleng kepala, sebenarnya nakal itu adalah hal yang wajar tapi nakal yang tidak membuahkan hasil maksiat. 

Saat ini banyak kita temukan siswa-siswi yang sudah berani membentak Gurunya di sekolah, melawan dengan Orang tuanya, tidak mau menuruti apa yang disampaikan oleh Guru, padahal yang disampaikan itu untuk kebaikan mereka itu sendiri. 

Sekarang banyak kita lihat di berita baik media cetak atau yang lainnya menunjukkan kenakalan remaja kita, ada yang melahirkan di toilet sekolah, ada yang ketangkap lagi bersama di dalam sebuah rumah, ada yang ketangkap lagi berduaan di kebun-kebun, ada yang ketangkap menggunakan lem aibon, ada yang sudah mulai mengkonsumsi ganja, sabu-sabu dan lainnya. 

Sebetulnya mereka berdua saja tidak masalah namun kelakuan mereka itu yang tidak baik yang sudah jauh melenceng dari layaknya seorang siswa yang berpendidikan, sampai-sampai kita yang melihat berita itu pun terkadang menggelengkan kepala. 

Terkadang sebagai pendidik ada rasa perihatin yang sangat teramat dalam hati, namun terkadang kita jadi serba salah untuk menyikapinya.

Bapak/Ibu Dewan Guru merasakan kesulitan mengelola pembelajaran di kelas offline maupun online. Siswa nakal : presepsi menuju pendampingan potensi. Seperti di masing – masing Sekolah pasti banyak siswa yang nakal termasuk di SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Kamis, 21/4/2022 bertepatan dengan Hari Kartini mengadakan Webinar Manajemen Kelas Siswa Nakal melalui link Zoom Meeting https://us02web.zoom.us/j/88456074776?pwd=RDN1R0lTTUJ2ZWRTc3dXclVjc0ZIQT09 
Meeting ID: 884 5607 4776 Passcode: 2022.

Dimana yang menjadi narasumber adalah Ustad Farda Khoirul Roin, S.Psi. Ustad Farda Khoirul Roin, S.Psi menyampaikan bahwa peran Guru sangat penting dalam mengatur manajemen yang ada di kelas. Harus membuat siswa merasa aman dan nyaman dalam pembelajaran di kelas tersebut.

Semoga dengan kegiatan tersebut penulis berharap bisa menerapkan agar siswa merasa aman dan nyaman dalam kegiatan pembelajaran tersebut ditambah lagi dengan diberikan sarana yang mendukung, sehingga tidak ada lagi siswa/siswi di SMP PGRI 6 Surabaya yang nakal tapi yang penuh dengan segudang prestasi dan menjadi Generasi Emas Unggul dan Berkarakter yang bisa membanggakan dan mengharumkan sekolah dan orang tua tercinta.
#TantanganGuruSiana
#Guruhebat
#DinaspendidikanSurabaya






Posting Komentar

0 Komentar