APENSO INDONESIA

header ads

HALAL BIHALAL DI HARI PERTAMA MASUK SEKOLAH

“HALAL BIHALAL DI HARI PERTAMA MASUK SEKOLAH“

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Halal bihalal adalah salah satu tradisi yang berkembang di kalangan masyarakat Islam Indonesia. Tradisi ini biasa dilakukan pasca Lebaran, tepatnya di bulan Syawal.

Tradisi halal bihalal menjadi kegiatan tahunan yang bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan saling memaafkan. Meskipun istilah tersebut berasal dari bahasa Arab, namun tradisi ini disebut lahir dari masyarakat Indonesia sendiri.

Halal bihalal pada intinya merupakan kegiatan silaturahmi dan saling memaafkan. Disebutkan dalam suatu riwayat, menyambung silaturahmi akan memperluas rezeki dan memperpanjang umur.

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

Artinya: "Barang siapa ingin dilapangkan rezekinya dan ditambah umurnya, maka hendaklah menjalin silaturahmi." (HR Bukhari).


Setelah libur Lebaran SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Senin, 9/5/2022 mengadakan kegiatan Upacara Bendera. 

Selesai Upacara Bendera seluruh siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya serta bapak/ibu Dewan Guru melakukan kegiatan Halal Bihalal dan bersalam-salaman antara siswa dengan Guru dan kakak kelas dengan adik kelas. 

Selesai Halal Bihalal seluruh siswa masuk ke dalam kelas mengikuti pelajaran. Semoga dengan Halal Bihalal ini siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya SDS Al-Ikhlas Surabaya dan bapak/ibu Guru diberikan kesehatan dan dilancarkan rezekinya.
#TantanganGuruSiana  
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar