APENSO INDONESIA

header ads

KEGIATAN OPEN HOUSE LEBARAN PERTAMA DI KEDIAMAN PENULIS

“KEGIATAN OPEN HOUSE LEBARAN PERTAMA DI KEDIAMAN PENULIS”

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Berbagai persiapan untuk menyambut lebaran sudah dipersiapkan oleh mereka-mereka kaum muslim. Salah satu momen Lebaran 2022 ini adalah dengan berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara. 

Biasanya momen berkumpul ini ada beberapa orang yang menyelenggarakan open house atau mempersilakan sanak saudara dan kerabat untuk mengunjungi rumah mereka. 

Tradisi ini sudah menjadi kebiasaan yang melekat saat hari lebaran open house selalu diadakan saat perayaan hari-hari besar, seperti Idul Fitri. 

Open house sendiri memiliki makna bahwa tempat atau waktu dimana pengunjung yang datang bertamu ke rumah dipersilakan untuk masuk ke dalam ruangan dan biasanya dijamu oleh berbagai hidangan yang lezat. Suasana pun dibuat senyaman mungkin dan para tamu bercengkrama sedemikian rupa.

Setiap momen lebaran, penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir selalu didatangi tetangga dan sanak saudara seperti pada hari Senin, 2/5/2022 lebaran hari pertama 1443 H/2022 M rumah penulis didatangi banyak tamu sepulang dari Sholat Ied mulai tetangga, saudara atau kerabat dari pukul 07.00 sudah mendatangi rumah penulis.



Setiap momen lebaran selalu dimanfaatkan oleh keluarga penulis untuk menyiapkan makanan seperti : adun, balado terong, udang dan lain – lain tujuannya adalah agar tamu yang datang di rumah penulis bisa menikmati hidangan untuk sarapan pagi walaupun seadanya. Seperti keluarga ibu Sugiarti, S.Pd selaku Guru di SDS Al-Ikhlas Surabaya yang menikmati hidangan tersebut bersama putrinya.

Menurut penulis, semoga penulis dan keluarga diberikan kesehatan dan bisa dipertemukan dengan Ramadhan tahun mendatang serta Lebaran tahun mendatang kembali bersama sanak saudara.

****







Posting Komentar

0 Komentar