APENSO INDONESIA

header ads

KELUARGA ADALAH SUATU YANG TERINDAH

“KELUARGA ADALAH SUATU YANG TERINDAH“

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Keluarga merupakan satu lingkup lingkungan sosial terkecil yang dimiliki setiap individu. Meskipun dalam lingkup kecil, namun hubungan yang terbangun antar anggota keluarga lebih erat dan intim. Hal ini tidak lain karena keluarga adalah kelompok orang yang terikat dalam hubungan darah.

Tidak heran, jika keluarga disebut sebagai sistem pendukung yang terbaik. Di mana antar anggota keluarga akan saling memberikan dukungan baik dan penuh dalam segala kondisi. Termasuk saat Anda mengalami masalah dalam hidup, tentu ayah, ibu, kakak, atau adik akan senantiasa mendukung dan mendampingi Anda untuk melewatinya. 

Selain sebagai sistem pendukung, keluarga juga mempunyai beberapa fungsi yang tak kalah penting. Mulai dari fungsi sosial, fungsi ekonomi, hingga fungsi ketertiban dan stabilitas. Berbagai fungsi ini menunjukkan bahwa keluarga adalah lingkup sosial namun menjadi faktor penting dalam membentuk individu yang baik di masyarakat.

Makna dan fungsi keluarga merupakan salah satu pengetahuan dasar yang penting untuk dipahami oleh setiap individu. Dengan memahami makna dan fungsi keluarga, dapat memberikan sudut pandang yang lebih luas dalam melihat peran setiap anggota keluarga. 

Dengan begitu, setiap anggota dapat memberikan tanggung jawab dan mendapatkan hak yang layak dalam keluarga.

Keluarga adalah sesuatu yang paling berharga, seperti yang dilakukan oleh penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Kamis, 26/5/2022 bersama keluarga – keluarga di Malang. Sebelum ke Malang makan nasi punel di Bangil.

Setelah dari Bangil, menuju Pasuruan dan menuju ke Singosari. Di sana keponakan di ajak ke Pemandian Kendedes. Dimana keponakan sangat senang bermain di air tersebut. Alhamdulilah pada liburan ini penulis bisa membahagiakan keluarga tercinta.

#TantanganGuruSiana 
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar