APENSO INDONESIA

header ads

Pelatihan Penyusunan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka bagi Para Guru di Lingkungan MKKS SMPS Surabaya Utara (Pertemuan ke 2) - Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

Pelatihan Penyusunan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka bagi Para Guru di Lingkungan MKKS SMPS Surabaya Utara (Pertemuan ke 2) - Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Berdasarkan buku Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), Kurikulum operasional di satuan pendidikan memuat seluruh rencana proses belajar yang diselenggarakan di satuan pendidikan, sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran. 

Untuk menjadikannya bermakna, kurikulum operasional satuan pendidikan dikembangkan sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta didik dan satuan pendidikan.

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (UU Sisdiknas/2003). 

Pemerintah pusat menetapkan kerangka dasar dan struktur kurikulum yang menjadi acuan untuk pengembangan kurikulum operasional satuan pendidikan. Komponen dalam kurikulum operasional ini disusun untuk membantu proses berpikir dan mengembangkan satuan pendidikan. 

Dalam pengembangannya, dokumen ini juga merupakan hasil refleksi semua unsur pendidik di satuan pendidikan yang kemudian ditinjau secara berkala guna disesuaikan dengan dinamika perubahan dan kebutuhan peserta didik.

Apa prinsip pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan ? dalam Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional pada Program Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan, dijelaskan bahwa prinsip pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan : Dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan, Profil Pelajar Pancasila sebagai acuan dalam menyusun visi, misi, dan tujuan di satuan pendidikan. 

Profil Pelajar Pancasila dirancang untuk menjawab satu pertanyaan besar, yaitu “Pelajar dengan profil (kompetensi) seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia?”. “Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila”. 

Pernyataan ini berkaitan dengan dua hal, yaitu kompetensi untuk menjadi warga negara Indonesia yang demokratis dan untuk menjadi manusia unggul dan produktif di Abad ke-21. 

Dalam hal ini, peserta didik Indonesia diharapkan dapat berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkelanjutan serta tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan.

Profil Pelajar Pancasila memiliki enam kompetensi yang dirumuskan sebagai dimensi kunci. Keenamnya saling berkaitan dan menguatkan sehingga upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang utuh membutuhkan berkembangnya keenam dimensi tersebut secara bersamaan, tidak parsial. 

Proses Penyusunan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan pada sekolah penggerak adalah 1) Menganalisis konteks Karakteristik Satuan Pendidikan; 2) Merumuskan Visi Misi dan Tujuan; 3) Menentukan Pengorganisasian Pembelajaran; 4) Menyusun Rencana Pembelajaran, dan 5) Merancang Pendampingan, Evaluasi, dan Pengembangan Profesional.

Dalam rangka mempersiapkan Guru – Guru SMP Swasta Surabaya Utara siap dalam menghadapi dan menyambut Kurikulum Merdeka MKKS SMP Swasta Surabaya Utara bekerjasama dengan UNIKA Widya Mandala Surabaya mengadakan kegiatan Pelatihan Penyusunan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka bagi para Guru di Lingkungan MKKS SMPS Surabaya Utara (Pertemuan ke 2) pada hari Sabtu, 14/5/2022 melalui daring/Zoom Meeting dengan link https://us02web.zoom.us/j/87529770782 
Meeting ID: 875 2977 0782
Passcode: MKKS123.

Adapun kegiatan tersebut dimulai pukul 07.30 WIB diikuti oleh 100 Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan Guru di lingkungan SMP Swasta Surabaya Utara.

Dalam kesempatan ini yang memberikan materi adalah bapak Dr. V. Luluk Priyambodo. Alhamdulilah bapak Dr. V. Luluk Priyambodo sangat telaten dalam membimbing Guru, Waka Kurikulum dan Kepala SMP Swasta Surabaya Utara dalam Pelatihan Penyusunan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka bagi para Guru di Lingkungan MKKS SMPS Surabaya Utara tersebut.

Sebelum memulai materi Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, bapak Dr. V. Luluk Priyambodo mengulang materi pada Sabtu, 23/4/2022. Semua peserta baik Kepala SMP Swasta Surabaya Utara, Waka Kurikulum dan bapak/ibu Guru sangat antusias dalam kegiatan sampai tidak terasa sudah pukul 13.20. 

Dalam kesempatan ini, penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 -9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir sangat bangga dengan Guru, Waka Kurikulum dan Kepala SMP Swasta Surabaya Utara karena sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Semoga SMP SMP Swasta Surabaya Utara siap untuk menyusun dokumen Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, serta siap mendukung Kurikulum Merdeka Belajar. Semoga dengan Kurikulum Merdeka, bapak/ibu Guru dan Kepala SMP Swasta Surabaya siap mencetak Generasi Emas Unggul Dan Berkarakter.

Untuk mengisi daftar hadir pertemuan kedua, UNIKA Widya Mandala Surabaya memberikan link presensi kepada peserta, dimana peserta diminta untuk mengisi link tersebut : https://tinyurl.com/3m55jf82.

#TantanganGuruSiana  
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat







Posting Komentar

0 Komentar