APENSO INDONESIA

header ads

Pelatihan Teknik Pendampingan Siswa dan Teknik Konseling Bagi Guru BK dan Waka Kesiswaan

Pelatihan Teknik Pendampingan Siswa dan Teknik Konseling Bagi Guru BK dan Waka Kesiswaan

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Konseling teman sebaya adalah program bimbingan yang dilakukan oleh siswa terhadap siswa yang lainnya. Siswa yang menjadi pembimbing sebelumnya diberikan latihan atau pembinaan oleh konselor. Siswa yang menjadi pembimbing berfungsi sebagai mentor atau tutor yang membantu siswa lain dalam memecahkan masalah yang dihadapinya, baik akademik maupun non-akademik. 

Di samping itu, dia juga berfungsi sebagai mediator yang membantu konselor dengan cara memberikan informasi tentang kondisi, perkembangan, atau masalah siswa yang perlu mendapat layanan bantuan bimbingan atau konseling.

Program konseling teman sebaya mempunyai alasan-alasan yang rasional, terstruktur, aktifitasnya khas atau spesifik, personal yang melakukannya juga khusus dan diorganisir secara terus menerus. 

Program ini merupakan usaha mempengaruhi (memperbaiki tingkah laku yang dimiliki oleh siswa), yaitu tingkah laku yang dapat membedakan antara tingkah laku yang pantas dengan tidak pantas, dan menggunakan tingkah laku yang pantas menjadi identitas pribadi yang diharapkan, serta menemukan berbagai cara pemecahkan masalah, dan memberikan pengalaman yang memberikan motivasi mengikuti pelatihan untuk pengembangan diri mereka sebagai orang dewasa yang matang dan bertanggung jawab.

Perkembangan sosial pada masa remaja lebih melibatkan kelompok teman sebaya dibanding orang tua (Conger, 1991; Papalia & Olds, 2001). Dibanding pada masa kanak-kanak, remaja lebih banyak melakukan kegiatan di luar rumah seperti kegiatan sekolah, ekstrakurikuler dan bermain dengan teman (Conger, 1991; Papalia & Olds, 2001). 

Dengan demikian, pada masa remaja peran kelompok teman sebaya adalah besar. Pada diri remaja, pengaruh lingkungan dalam menentukan perilaku diakui cukup kuat. 

Seiring dengan semakin meningkatnya dorongan dan kebutuhan remaja untuk berinteraksi dengan teman, baik sejenis maupun teman lawan jenis, maka relasi teman sebaya menjadi hal yang sangat penting bahwa teman sebaya merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan pada masa remaja. 

Maka dari itu, MKKS SMP Swasta Surabaya Utara bekerjasama dengan UNIKA Widya Mandala Surabaya mengadakan kegiatan Pelatihan Teknik Pendampingan Siswa dan Teknik Konseling bagi Guru BK dan Waka Kesiswaan SMP Swasta Surabaya Utara yang diadakan pada hari Sabtu, 21/5/2022 pukul 08.00. 

Dimana kegiatan tersebut dilakukan secara daring (on line) melalui Join Zoom Meeting
https://us06web.zoom.us/j/84077534927?pwd=VlNHalVoczNXNGFUK3o2U3pvWEo0Zz09 
Meeting ID: 840 7753 4927 Passcode: 907250.

Kegiatan tersebut dilakukan 2 tahap pemateri yaitu tahap 1. Peer Counseling oleh ibu Dra. Fransisca Mudjijanti, M.M. Dimana beliau menjelaskan alasan menggunakan peer conseling tersebut. Terdapat sembilan area dasar yang memiliki sumbangan penting terhadap perlunya dikembangkan konseling sebaya.

Dimana materi kedua yaitu Konselor Teman Sebaya (KTS) oleh ibu Chaterina Yeni Susilaningsih, M.Pd. Dalam kesempatan tersebut, ibu Chaterina Yeni Susilaningsih, M.Pd menyampaikan kondisi yang dibutuhkan agar pelaksanaan sukses, langkah langkah pelaksanaan konseling sebaya, metode pelaksanaan konseling sebaya.

Penulis berharap para Guru BK dan Waka Kesiswaan bisa membekali siswa/siswinya untuk dilatih menjadi konselor sebaya agar mereka lebih berempati kepada para sahabat – sahabatnya, sehingga harapannya permasalahan remaja di lingkungan SMP Swasta Surabaya Utara diatasi dengan cepat oleh Konselor Sebaya.
#TantanganGuruSiana 
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat






Posting Komentar

0 Komentar