APENSO INDONESIA

header ads

PESERTA DIDIK SDN BLIGO SIDOARJO SARAT AKTIFITAS LITERASI

PESERTA DIDIK SDN BLIGO SIDOARJO SARAT AKTIFITAS LITERASI


Oleh : Kris Mariyono
Director of Jurnalism Apenso Indonesia




Sidoarjo, apensoindonesia.com - Seiring upaya meningkatkan kecerdasan dan wawasan peserta didik di era literasi, peserta didik SDN Bligo Sidoarjo diarahkan piawai membuat karya puisi.

Menurut Ninik Fatmawati guru kelas sekaligus penggerak literasi SDN Bligo Sidoarjo, literasi berkarya puisi ini melibatkan peserta didik kelas III hingga V dengan tugas membuat puisi dalam kelas.

"Karena jika dikerjakan di rumah hasilnya kurang original," ungkap Bu Ninik sambil menambahkan proses membuat puisi di dalam kelas peserta didik bebas pengaruh handphone dan arahan orang tua.

Dari gerakan membuat puisi mulai kelas III hingga V ini diseleksi menjadi 50 puisi.
"Peserta didik yang puisinya masuk 50 nominasi wajib mengikuti workshop penulisan puisi sekaligus mendapatkan pembimbingan dari Tim Literasi Sekolah," jelas Bu Ninik yang juga tim literasi Sekolah terdiri 7 guru yang menguasai literasi.

Diungkapkan Bu Ninik, dalam pembimbingan peserta didik diharuskan memperbaiki puisi yang sudah dibuat, selain harus membuat satu puisi lagi dengan memilih 25 tema yang sudah ditentukan dan satu tema maksimal bisa dipilih oleh 2 peserta didik.

"Jadi 1 peserta mengirim 2 puisi tentang kearifan lokal Sidoarjo sehingga total ada 100 puisi,"terangnya.

"Kumpulan 100 puisi ini kami ikutkan dalam Festival Literasi tingkat Kabupaten Sidoarjo 2022, semoga bisa berhasil," imbuh Bu Ninik penuh harap.  (Km)***







Posting Komentar

0 Komentar