APENSO INDONESIA

header ads

SEMANGAT BERBAGI YANG DIMILIKI SMP PGRI 6 SURABAYA DAN SDS AL-IKHLAS

“SEMANGAT BERBAGI YANG DIMILIKI SMP PGRI 6 SURABAYA DAN SDS AL-IKHLAS”

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Al-Quran dalam surat Ali Imran (QS. 3:112) mengisyaratkan ada dua hubungan yang harus dipelihara oleh manusia secara bersamaan; hablum minallah (vertikal dengan Sang Pencipta) dan hablum minannas (horizontal dengan sesama makhluk). Belum sempurna Islam seseorang kalau tidak memiliki semangat berbagi atau peka sosial. 

Sepanjang hidupnya Nabi Muhammad saw selalu memberi contoh melalui perilaku yang seimbang antara hubungan dengan Allah dan hubungan dengan sesama manusia. 

Melihat pentingnya dua hubungan itu, Nabi Muhammad mendasarkan agama Islam pada lima pilar yang dikenal dengan rukun Islam, yang mewajibkan penganutnya untuk membangun hubungan dengan Allah dan hubungan dengan manusia dalam satu paket yang tak terpisahkan. 

Zakat adalah pilar Islam ketiga setelah syahadah dan shalat. Kalau shalat dan puasa merupakan ibadah individu langsung dengan Tuhan, Harta orang kaya akan menjadi malapetaka setelah ia mati kalau tak ada bagian yang diderma semasa hidupnya. 

Dalam sebuah hadis Nabi saw berpesan, apabila manusia meninggal maka putuslah amalannya, kecuali tiga hal; sedekah jariyah, anak yang saleh dan ilmu yang bermanfaat. 

Sebelum terlambat Jangan takut kalian untuk kekurangan, teruslah untuk selalu berbagi kepada sesama saudara kita yang sangat membutuhkan itulah yang selalu di ajarkan SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir seperti biasa Sekolah Pinggiran di wilayah Surabaya Utara pada tanggal 13/5/2022 awal hari Jum’at setelah libur lebaran mengadakan kegiatan berbagi. 

Seperti biasa sebelum kegiatan berbagi tersebut seluruh siswa/siswi melakukan Doa Bersama yaitu Istighosah dan Yasin agar pemberian kita semakin berkah dan barokah selamanya.



Selesai Istighosah dan Yasin seluruh siswa/siswi semangat lagi menuju ke jalan raya untuk berbagi nasi bungkus yang dibagikan kepada masyarakat di wilayah Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir tersebut.

Menurut penulis semangat berbagi ini bisa membawa keberkahan bagi siswa, Guru dan keluarga di SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya agar sehat selalu, sukses, berkah dan barokah selamanya, serta semoga siswa/siswi tumbuh menjadi Generasi Emas Unggul dan Berkarakter.
#TantanganGuruSiana  
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat






Posting Komentar

0 Komentar