APENSO INDONESIA

header ads

SPEGRINAM SURABAYA (SMP PGRI 6 SURABAYA) BERBAGI TAKJIL DI BULAN SUCI RAMADHAN 1443 (INDAHNYA BERBAGI)

SPEGRINAM SURABAYA (SMP PGRI 6 SURABAYA) BERBAGI TAKJIL DI BULAN SUCI RAMADHAN 1443 (INDAHNYA BERBAGI)

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com


Bulan Ramadan adalah anugerah dan nikmat yang agung yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada umat Nabi Muhammad SAW. Di dalamnya terdapat keutamaan-keutamaan dan hikmah khusus yang diberikan Allah kepada hambanya yang ikhlas dan tulus menjalankan ibadah puasa, serta ibadah-ibadah lainnya, termasuk dalam hal memberi makanan untuk berbuka puasa kepada sesama saudara yang lainnya. 

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192, Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Dalam rangka menutup rangkaian kegiatan Pondok Ramadhan 1443 H / 2022 M SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir pada hari Kamis, 28 April 2022 jam 15.00 seluruh siswa membagikan takjil dan bekal untuk buka puasa bersama.



Tepat pukul 16.00 seluruh siswa dan bapak/ibu Dewan Guru baik SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS Al-Ikhlas masuk di ruangan kelas 9 untuk mengikuti kegiatan istighosah dan wirid yang dipimpin Ustad Achmad Syaifuddin, S.H.I.

Sebelum memulai Istighosah Penulis memberikan arahan bahwasannya libur Hari Raya1443 H/ 2022 dimulai tanggal 29 April 2022 sampai hari Sabtu, 7 Mei 2022 dan masuk kembali ke Sekolah tanggal 9 Mei 2022 hari Senin.

Yang kedua, selamat merayakan libur dan mudik lebaran bersama keluarga, tetap jaga protokol kesehatan, serta mohon disampaikan kepada keluarga saat mudik untuk memperhatikan kondisi keamanan di rumah.

Yang terakhir dari penulis dalam sambutannya semoga PPDB 2022/2023 SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya mendapatkan siswa/siswi yang banyak, berkah barokah selamanya, serta semoga takjil yang dibawa diterima Allah S.W.T. Apalagi tepat malam 27, ayo kita berdoa dan sama – sama memberikan takjil kepada masyarakat dengan cinta.

Setelah pengarahan dari penulis, acara Istighosah dan Yasin dimulai dan dipimpin oleh Ustad Achmad Syaifuddin, S.H.I.

Selesai Istighosah dan Yasin seluruh siswa/siswi membagikan takjil yang sudah mereka bawa di depan Gang Sekolah Dimana dibagi 2 arah, sehingga semua bisa kebagian takjil tersebut.



Dimana pembagian takjil membuat Jalan di Bulak Rukem macet total karena masyarakat sangat antusias dalam menerima takjil tersebut.

Pukul 17.15 setelah pembagian takjil seluruh siswa/siswi kembali ke ruang kelas 9 dengan menggunakan alat sholat untuk persiapan menunggu adzan sholat maghrib secara berjamaah. 

Tiba suara adzan seluruh siswa membatalkan puasa sambil minum dan sholat maghrib berjamaah. Dalam kesempatan ini yang menjadi Imam sholat adalah Ustad Ainul Yaqin, S.Si selaku Kepala SMP Wachid Hasyim 1 Surabaya.

Selesai sholat, seluruh siswa/siswi serta bapak/ibu Dewan Guru menikmati hidangan buka puasa. Dimana siswa/siswi makan di dalam kelas dengan membawa bekal yang mereka bawa masing – masing.

Dalam kesempatan tersebut, sekaligus acara tasyakuran Ulang Tahun penulis yang ke – 38 Tahun. Dimana Ustad Ainul Yaqin, S.Si menyerahkan potongan tumpeng. Akhirnya semua menikmati hidangan buka puasa.



Sebelum meninggalkan SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS Al-Ikhlas Surabaya bapak/ibu Dewan Guru menerima bingkisan yaitu saos dan kecap, sumbangan dari Hamba Allah.

Menurut penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah merupakan salah satu program sekolah di bulan suci ramadhan ini, guna untuk menambahkan rasa kepedulian kita terhadap sesama juga melatih rasa empati peserta didik terhadap saudara-saudaranya yang di luar sana yang mungkin tidak bisa seberuntung keadaan nya seperti kita. 

Sebagai dokumentasi dan kenang – kenangan kegiatan tersebut dimasukan ke dalam You tube dengan link : https://youtu.be/_JrJ21Ve6Mw. 

#TantanganGuruSiana  
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat






Posting Komentar

0 Komentar