APENSO INDONESIA

header ads

BERSAMA UNIKA WIDYA MANDALA DAN MKKS SMP SWASTA SURABAYA UTARA SIAPKAN MODUL AJAR DALAM MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA

BERSAMA UNIKA WIDYA MANDALA DAN MKKS SMP SWASTA SURABAYA UTARA SIAPKAN MODUL AJAR DALAM MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Modul Ajar atau kita singkat dengan MA merupakan pengembangan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dilengkapi dengan panduan yang lebih terperinci, termasuk lembar kegiatan siswa dan asesmen untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran. 

Disebut sebagai modul karena perangkat ini dapat digunakan secara modular. Dengan adanya modul ajar ini, guru dapat menggunakan perangkat yang lebih bervariasi, tidak hanya buku teks pelajaran yang sama sepanjang tahun. Dengan kata lain, ini memberikan kesempatan kepada guru untuk menggunakan sumber pengajaran yang lebih beragam, tidak terbatas pada buku teks pelajaran saja.

Modul ajar tidak hanya dikembangkan oleh Pemerintah namun juga dapat dikembangkan oleh guru serta komunitas pendidikan lainnya di Indonesia melalui praktik baik yang telah dilakukan.

SMP Swasta Surabaya Utara pada hari Sabtu, 11/6/2022 melaksanakan Pelatihan Penyusunan Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka bagi para Guru di lingkungan MKKS SMP Swasta Surabaya Utara dengan materi yang sangat luar biasa yaitu tentang Pengembangan Modul Ajar (MA) yang disampaikan oleh bapak Mateus Yumarnamto, M.Hum P.hD. Beliau menyampaikan tentang Prinsip-prinsip Penyusunan Modul Ajar Pendekatan melalui tahap perkembangan dengan memperhitungkan :
a. Karakteristik, kompetensi dan minat peserta didik di setiap fase.

b. Perbedaan tingkat pemahaman, dan variasi jarak (gap) antar tingkat kompetensi yang bisa terjadi di setiap fase.

c. Melihat dari sudut pandang pelajar, bahwa setiap peserta didik itu unik.

d. Bahwa belajar harus berimbang antara intelektual, sosial, dan personal dan semua hal tersebut adalah penting dan saling berhubungan.

e. Tingkat kematangan setiap peserta didik tergantung dari tahap perkembangan yang dilalui oleh seorang peserta didik, dan merupakan dampak dari pengalaman sebelumnya.

Di samping itu, bapak Mateus Yumarnamto, M.Hum P.Hd menjelaskan prinsip pembelajaran. Adapun kegiatan ini dilaksanakan secara daring dengan Join Zoom Meeting
https://us02web.zoom.us/j/82413817451 Meeting ID: 824 1381 7451Passcode: mkks2022 

Acara diikuti 100 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Kurikulum dan bapak/ibu Guru di wilayah Surabaya Utara. Dimana mereka sangat semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut sampai tidak terasa waktu menunjukan pukul 13.00 WIB semangat dalam membuat Modul Ajar per Mata Pelajaran mereka masing–masing melalui Breakout Room.

Dalam kesempatan ini, penulis berharap agar bapak/ibu Guru dapat membuat Modul ajar sendiri sesuai karakteristik sekolah dan siswa/siswi.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat





Posting Komentar

0 Komentar