APENSO INDONESIA

header ads

FENOMENA STRESS

FENOMENA STRESS 


Oleh : Gempur Santoso 

(Dosen UMAHA)



Secara psikologis ada namanya stress terkait dengan syaraf. Nampaknya ada stress ringan sampai berat. Selanjutnya ada juga stroke ringan dan stroke berat.

Jika tekena sampai sakit. Akan ditangani dokter spesialis syaraf. Saat saya antri kontrol di rumah sakit di poli paviliun. Ternyata pasien antri ke dokter klinik syaraf paling banyak. Bahkan ruang klinik syaraf yang buka, paling banyak. Ada dua ruang klinik syaraf yang dibuka, klinik yang lain masing - masing cuma satu ruang klinik. Masing - masing klinik ada dokter spesialisnya. Sangat mungkin di poli lainnya tidak seperti itu.

Ini tampaknya fenomena sakit syaraf maupun stroke terjadi saat ini. Mengapa banyak orang sakit alias tidak sehat terkait syaraf, sangat mungkin diawali jenuh, tegang, dan kemudian stress.

Setidaknya ada tiga kejadian membuat jenuh, stress, stroke. Tiga kejadian itu sebagai penyebab, yakni: makanan, di perjalanan lalu lintas macet, dan bertempat di rumah kecil sebesar luas tanah (rumah petak, rumah susun, dan lain - lain). Itupun masih dugaan atau hipotesis semata.

Makanan, diduga bahwa makanan toksik atau mengandung kimiawi berbahaya membuat tidak lancar aliran darah dalam tubuh. Darah kental.

Diduga pula rumah yang kecil tidak ada sisa tanah, membuat orang di dalam kamar menjadi jenuh, meningkat menjadi stress. Ini pula yang membuat ramainya mall. Kerena tempat tinggal tak ada kebun sebagai area rekreasi akhirnya jalan - jalan ke mall.

Diduga pula bahwa kemacetan dalam perjalanan terlalu lama. Itu membuat tegang saat nyopir. Hal itu ketegangan pikiran bisa membuat stress.

Karena banyak manusia agak stress dalam hidup, maka saat hari liburan banyak yang piknik. Piknik di rumah makan yang menyegarkan, di tempat rekreasi. Dan, berbagai tempat untuk refreshing untuk menjaga agar tidak tegang, ataupun stress.

Semoga kita tetap seimbang dalam hidup, membuat sehat lahir dan batin...aamiin yra.

(GeSa)

------

Dimuat pula dalam koran Swaranews Juni/2022



Posting Komentar

0 Komentar