APENSO INDONESIA

header ads

JADIKAN PENDIDIKAN YANG AMAN DAN NYAMAN BAGI GENERASI EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER DI SMP SWASTA SURABAYA UTARA

“JADIKAN PENDIDIKAN YANG AMAN DAN NYAMAN BAGI GENERASI EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER DI SMP SWASTA SURABAYA UTARA“

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Dalam dunia pendidikan, sekolah merupakan wadah atau rumah kedua bagi peserta didik dalam menempuh pendidikan secara formal setelah sebelumnya orang tua sebagai pendidik pertama. 

Dalam hal ini sekolah memiliki masyarakat sekolah yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, staf tata usaha, guru mata pelajaran, guru pembimbing dan tentunya peserta didik. 

Pendidik atau guru merupakan suatu profesi yang mulia sebab, guru memiliki peran penting, besar dan strategis dalam dunia pendidikan. Menurut Imam Wahyudi guru adalah orang yang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik dan guru dalam pandangan masyarakat adalah orang yang melaksanakan pendidikan di tempat-tempat tertentu, tidak harus di lembaga formal (sekolah) tetapi juga ditempat lain. 

Bimbingan dan konseling mempunyai peran yang sangat penting dalam pendidikan yaitu membantu setiap pribadi siswa agar berkembang secara optimal. Bimbingan dan konseling adalah suatu kegiatan yang berlangsung antara konselor dan klien yang bertujuan untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh klien. 

Konselor merupakan orang yang memberikan bimbingan sedangkan klien adalah orang yang diberi bimbingan. Pembahasan tersebut bersifat mendalam menyentuh hal-hal penting tentang diri klien.

Guru BK bertanggung jawab untuk membimbing siswa sehingga dapat memiliki kepribadian yang matang dan mengenal potensi dirinya secara menyeluruh. Dengan demikian, siswa diharapkan mampu membuat keputusan yang terbaik untuk dirinya, baik dalam memecahkan masalah mereka sendiri. 

Peran guru BK dalam bimbingan konseling sangatlah penting baik dalam keberlangsungan kegiatan belajar mengajar maupun sebagai tenaga pembina sekaligus membantu dalam menangani berbagai masalah yang dialami siswa. 

Dengan adanya guru BK dalam lembaga sekolah, maka memungkinkan teratasinya suatu masalah termasuk masalah siswa berkepribadian introvert. 

Pada hari Sabtu, 4/6/2022 sebanyak 40 Guru BK dan 40 Waka kesiswaan SMP Swasta Surabaya Utara berkumpul di Ruang A-301 (Gedung A lantai 3) Kampus Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Jl. Dinoyo Surabaya untuk mengikuti kuliah tamu yang di sampaikan oleh narasumber : Iptu Kiki Tamasari, S.Psi., M.Psi. Psikolog dari Polda Jawa Timur.

Harapannya bapak/ibu Guru BK dan Waka Kesiswaan SMP Swasta Surabaya Utara memiliki wawasan yang menyeluruh mengenai tindakan yang dapat diambil ketika mengalami permasalahan di sekolah, sehingga Guru dapat mendampingi siswa-siswanya dengan baik serta menciptakan lingkungan yang kondusif di lingkungan sekolah. 

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Pelatihan “Teknik Pendampingan Siswa dan Keterampilan Dasar Teknik Konseling”. Selain itu, juga dilakukan penutupan kegiatan Pelatihan “Teknik Pendampingan Siswa dan Keterampilan Dasar Teknik Konseling” yang sudah dilakukan mulai bulan Maret – Juni 2022 dan diadakan oleh MKKS SMP Swasta Surabaya Utara dan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.
 
Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir sekaligus Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara memberikan hadiah kepada penanya dalam kegiatan tersebut.

Di samping itu, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya bersama MKKS SMP Swasta Surabaya Utara memberikan hadiah kepada juara yang sudah membuat video Teknik Pendampingan Siswa dan Keterampilan Dasar Teknik Konseling. 

Dimana juara 1 yaitu dari SMP Muhammadiyah 16 Surabaya, juara 2 dari SMP Kemala Bhayangkari 8 Surabaya, dan juara 3 adalah dari SMP AC 1 Surabaya. Selain itu, ada pemberian hadiah untuk peserta yang paling aktif selama kegiatan Pelatihan Teknik Pendampingan Siswa dan Keterampilan Dasar Teknik Konseling yaitu dari SMP At Tarbiyah Surabaya.

Penulis menghaturkan banyak terima kasih kepada UNIKA Widya Mandala Surabaya dan berharap dari kegiatan ini bapak/ibu Guru memiliki wawasan yang menyeluruh mengenai tindakan yang dapat diambil ketika mengalami permasalahan di sekolah, sehingga Guru dapat mendampingi siswa-siswanya dengan baik serta menciptakan lingkungan yang kondusif di lingkungan sekolah, serta bapak/ibu Guru SMP Swasta Surabaya Utara mampu menjadikan siswa/siswi SMP Swasta Surabaya Utara menjadi Generasi Emas Unggul dan Berkarakter.
#TantanganGuruSiana 
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar