APENSO INDONESIA

header ads

KAMPUS AKADEMIK BUKAN GHOIB

KAMPUS AKADEMIK BUKAN GHOIB


Oleh: Gempur Santoso
(Dosen Teknik Industri UMAHA Sidoarjo)


Akademi atau akademik atau akademis. Itu kalimat yang populer hampir di semua kampus. 

Ada istilah tahun akademis. Artinya tahun jadwal kegiatan tridharma dalam satu semester (6 bulan). Kegiatan tridharma (tiga darma): pendidikan, penelitian/karya ilmiah, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kata "akademi" menjadi populer bahkan melegenda, mengapa? Ternyata awalnya itu nama taman saat filosof Plato beraktivitas dalam berfilsafat.

Murid Sokrates salah satunya adalah Plato. Dan, salah satu murid Plato adalah Aristoteles. Aristoteles belajar di akademi Plato selama dua puluh tahun sebelum ia mendirikan sekolahnya sendiri. 

Akademos adalah sebuah taman di dekat Athena Yunani. Taman akademos disebut juga akademia Plato itu adalah tempat berdiskusinya para peminat ilmu seperti filsafat, matematika, dan astronomi. 

Tempat berdiskusi tersebut berada di sebuah taman di dekat kota kuno Athena. Taman akademos itu dulu dipenuhi rerimbunan pohon zaitun. Akademi atau taman akademos didirikan oleh Plato pada tahun 387 SM (sebelum Masehi).

Saat ini, dilestarikan nama "akademis". Peradaban tinggi atas hasil berfikir dan berdiskusinya para filosof. Berfikir merupakan akal. Keberadaannya ada di otak manusia.

Kebenaran sebetulnya sudah ada di relung masing-masing akal manusia. Hanya saja tidak setiap manusia dapat mengeluarkan kebenaran yang ada di relungnya. Para filosof membicarakan dan mengonfirmasikan dengan sesama filosof atas kebenaran yang ada direlungnya.

Kegiatan akal yang didiskusikan seperti di taman akademos dulu. Saat ini semua kampus menirukan menggunakan nama akademik yang berasal dari nama taman akademos-nya Plato. 

Akademi adalah kegiatan akal dalam mendapatkan kebenaran empiris. Kebenaran empiris hanya ada di dunia planet bumi. Bukan di planet lainnya atau dunia lainnya.

Kegiatan di kampus adalah kegiatan akal/berfikir, bukan kegiatan ghoib. Kita mengerti, bahwa semua hal ghoib adalah urusan Yang Maha Esa.

Semoga kita sehat selalu...aamiin yra 

(GeSa)











Posting Komentar

0 Komentar