APENSO INDONESIA

header ads

Pendidikan Karakter Untuk Mewujudkan Pelajar Pancasila di SMP PGRI 6 Surabaya

Pendidikan Karakter Untuk Mewujudkan Pelajar Pancasila di SMP PGRI 6 Surabaya

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Salah satu program yang digulirkan oleh Kemendikbud adalah program "Pelajar Pancasila(is)". Program ini bertujuan untuk mewujudkan pelajar Indonesia yang berkepribadian Pancasila dan mampu melaksanakan Pancasila dalam kehidupannya sehari-hari.

Mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter, Pasal 1 ayat (1) menyatakan bahwa "Penguatan Pendidikan Karakter yang selanjutnya disingkat PPK adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

"Sesuai nama programnya, fokus dari program Pelajar Pancasila(is) sepertinya tidak akan lepas dari sosialisasi, pengenalan, dan penumbuhan (internalisasi) Pancasila kepada para pelajar melalui berbagai cara atau strategi hingga Pancasila menjadi cermin kepribadian dan jati diri setiap generasi muda.

Pelajar Pancasila berpusat pada upaya mewujudkan Pelajar Pancasila. Mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Pelajar Pancasila memiliki enam ciri utama, yaitu bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebhinekaan global. 

Untuk itu, dibutuhkan suatu mekanisme atau gerakan penumbuhan karakter, di antaranya melalui sosialisasi, penyempurnaan pembelajaran, dan aneka kompetisi, sehingga profil Pelajar Pancasila dapat terwujud.

Banyak sekali cara yang dilakukan SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo seperti yang dilakukan pada hari Senin, 13/6/2022 seperti biasa seluruh siswa/siswi baik SMP PRI 6 Surabaya maupun SDS Al-Ikhlas Surabaya mengikuti Upacara Bendera yang rutin dilakukan setiap hari Senin.

Dalam Kesempatan ini, yang menjadi Pembina Upacara adalah ibu Anis Laily Mufidah, S.Pd selaku Kepala SDS Al-Ikhlas Surabaya dan yang menjadi petugas adalah peserta didik gabungan.

Dalam sambutannya, ibu Anis Laily Mufida, S.Pd mengajak siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya untuk selalu menjaga dan peduli lingkungan, serta menjaga kesehatan. Ayo kerjakan ulangan PAT dengan sebaik-baiknya. Jangan kecewakan orang tua kalian karena kalian diberi amanah untuk belajar, belajar dan belajar. Selain itu, gunakan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya.

Menurut penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah menumbuhkan Pendidikan Karakter dalam rangka mewujudkan Pelajar Pancasila di SMP PGRI 6 Surabaya.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar