APENSO INDONESIA

header ads

SMP Swasta Surabaya Utara Terus Bersinergi Untuk Kemajuan Pendidikan di Surabaya Utara Dalam Mempersiapkan Kurikulum Merdeka

SMP Swasta Surabaya Utara Terus Bersinergi
Untuk Kemajuan Pendidikan di Surabaya Utara Dalam Mempersiapkan Kurikulum Merdeka

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com


PEMBANGUNAN di bidang pendidikan merupakan suatu proses yang memegang peranan sangat penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan merupakan upaya yang bisa mempercepat pengembangan potensi manusia untuk mampu mengemban tugas yang dibebankan kepadanya. 

Menyadari pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia, maka pemerintah telah berupaya mewujudkan amanat tersebut melalui berbagai usaha pembangunan pendidikan yang lebih berkualitas lewat pengembangan dan perbaikan kurikulum, perbaikan sarana pendidikan, pengembangan dan pengadaan materi ajar, serta pelatihan bagi guru dan tenaga kependidikan lainnya. 

Tertinggalnya kualitas pendidikan Indonesia dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia merupakan tantangan terbesar yang harus diselesaikan pemerintah saat ini. Melalui Mendikbud sebagai nakhoda pendidikan di Indonesia sudah waktunya mencari terobosan baru untuk mendongkrak kualitas pendidikan di Indonesia. 

Kualitas pendidikan ditentukan juga oleh kualitas pendidik/guru. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik, baik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal maupun pendidikan dasar dan menengah. 

Permendikbud Nomor 16/2007 menyatakan bahwa kompetensi guru sebagaimana meliputi kompetensi pedagogi, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional, yang diperoleh melalui pendidikan profesi. 

Keempat kompetensi ini telah dijabarkan menjadi kompetensi guru yang harus bisa ditunjukkan dan diamati dalam berbagai kegiatan, tindakan, dan sikap guru dalam melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan. 

Masih banyak pekerjaan besar pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru, mengingat geografi Indonesia yang luas dan jumlah pendidik sangat besar. Berbagai tantangan ini memang sudah dipikirkan pemerintah melalui departemen terkait. 

Berbagai program pun sudah diluncurkan dan saling terintegrasi, berproses dan berjalan sesuai dengan tujuan dan targetnya sehingga pembangunan dalam bidang pendidikan bisa terus berproses menuju kualitas pendidikan yang ideal.

Maju dan tidaknya pendidikan tidak hanya menjadi tangung jawab sekolah saja, tetapi tanggung jawab bersama antara Pemerintah, Dinas Pendidikan dan masyarakat seperti pada acara hari Rabu, 15/6/2022 mengenai PelatiHan Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Barunawati Surabaya yang dihadiri oleh anggota DPRD kota Surabaya Komisi D yang terdiri dari : Ajeng Wira Wati, S.Sos, M, PSDM; Dr. Akmarawita Kadir; Badru Tamam; Cahyo Siswo Utomo, ST. 



Sebelum acara dimulai, penulis bersama PenGurus MKKS SMP Swasta Surabaya Utara mengobrol bersama anggota DPRD Komisi D tersebut di ruang Kepala SMP Barunawati Surabaya.

Selesai dari ruang Kepala SMP Barunawati Surabaya, anggota DPRD Komisi D masuk ke dalam ruang Pelatihan Implementasi Kurikulum untuk memberi motivasi bagi Kepala SMP Swasta Surabaya Utara, Waka Kurikulum dan guru SMP Swasta Surabaya Utara.

Penulis berharap semoga SMP Swasta Surabaya Utara terus bersinergi untuk kemajuan Pendidikan di Surabaya Utara, apalagi dalam mempersiapkan Kurikulum Merdeka. 
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar